Identifikasi Peserta Didik Kreatif dalam Pembelajaran Sejarah di Sman 2 Lubuk Basung

Andira, Vivi (2022) Identifikasi Peserta Didik Kreatif dalam Pembelajaran Sejarah di Sman 2 Lubuk Basung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_VIVI_ANDIRA_17046092_2781_2022.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah peneliti melihat bahwa peserta didik yang tergolong kreatif dalam pembelajaran sejarah kelas XII IPS SMAN 2 Lubuk Basung belum menunjukkan kreativitas sebagaimana yang diharapkan. Hal ini dapat dilihat bahwa adanya peserta didik yang takut bertanya dan mengungkapkan pendapat, peserta didik belum sepenuhnya mengembangkan imajinasinya dalam belajar dapat dilihat bahwa peserta didik sering kesulitan jika diminta untuk mencari alternatif jawaban dalam sebuah masalah, peserta didik juga kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran sejarah. Kondisi ini membuat peneliti tertarik untuk mengukur seberapa besar peserta didik kreatif dalam pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi peserta didik kreatif dalam pembelajaran sejarah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Lubuk Basung yang berlokasi di Jl. DR Muhammad Hatta, kec. Lubuk Basung, Kab Agam, Provinsi Sumatera Barat. Waktu penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2021-2022. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPS sebanyak 38 orang. Data dikumpulkan melalui angket yang terdiri dari 11 indikator dengan 24 butir pertanyaan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah sampel acak sederhana (simple random sampling). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dengan hitungan rerata dan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa peserta didik dalam pembelajaran sejarah sudah tergolong kreatif dengan berjumlah (rerata 2,62). Jika dilihat dari persentase ditemukan bahwa dari 38 orang peserta didik terdapat 22 (58%) orang peserta didik yang tergolong kreatif dan terdapat 16 (42%) orang peserta didik berada pada kategori kurang kreatif. Sedangkan dua kategori lagi yaitu sangat kreatif dan tidak kreatif berjumlah 0 (0%), artinya tidak ada peserta didik yang sangat kreatif dan tidak ada pula peserta didik yang tidak kreatif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PESERTA DIDIK KREATIF, PEMBELAJARAN SEJARAH
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 12 Sep 2022 02:25
Last Modified: 12 Sep 2022 02:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39568

Actions (login required)

View Item View Item