Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah

Efrindah, Sisi (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_02_SISI_EFRINDAH_17046189_266_2022.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran sejarah merupakan pembelajaran yang bisa membuat siswa berpikir secara kritis dan memiliki kemampuan belajar dalam belajar sejarah, dengan melihat dari latar belakang sejarah, tokoh, dan berpikir secara runtun dalam melihat peristiwa yang dinamakan dengan berpikir secara kronologi. Tetapi berdasarkan pengamatan dari peneliti di lapangan tepatnya di SMA Negeri 12 Padang Kelas XI IPS 1 data yang di dapat 50% kemampuan anak berpikir secara kronologi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan peneliti, dengan membuat pembelajaran sejarah lebih bermakna, dan siswa dalam pembelajaran sejarah memiliki kemampuan berpikir sejarah dengan membuat pengembangan produkdalam pembelajaran sejarah ialah membuat media pembelajaran. Seperti media presentasi yang terdapat di dalamnya multimedia seperti teks, gambar, foto, video, animasi dan backsound (lagu Kebangsaan Nasional. Media presentasi ini dengan materi „‟Peristiwa Proklamasi‟‟. Tujuan dari peneliti ialah 1. Untuk mendeskripsikan tahapan pengembangan produk media presentasi untuk melatih kemampuan berpikir kronologi siswa, 2. Untuk menganalisis kelayakan produk media presentasi untuk melatih kemampuan berpikir kronologi siswa, 3. Untuk menganalisis kepraktisan produk media presentasi dalam melatih kemampuan berpikir kronologi siswa. Metode yang digunakan oleh peneliti ialah metode R&D atau (research and development). Model penelitian yang digunakan peneliti ialah model ADDIE dalam mengembangkan media presentasi untuk melatih kemampuan berpikir kronologi siswa. Hasil dari penelitian yang dikembangkan peneliti menunjukkan bahwa 1. Pengembangan dari media presentasi diawali dengan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, dan analisis peserta didik, 2. Dalam penyusunan materi peneliti melihat dari sudut pandang fakta, konsep dan prinsip. 3. Produk yang dikembangkan peneliti sebelum mengimplementasikan ke sekolah terlebih dahulu diuji validasi oleh ahli materi dan ahli media. Dari hasil uji validasi produk oleh ahli materi ialah sebesar 3.66 di posisi sangat layak, dan uji validasi oleh ahli media ialah sebesar 3.71 di posisi sangat layak dalam melatih kemampuan berpikir kronologi siswa. 4. Produk yang kembangkan peneliti setelah itu diuji kelayakan kepraktisan oleh siswa dan guru. Dari hasil uji kelayakan oleh siswa ialah sebesar 3.59 di posisi sangat layak, dan diuji validasi kepraktisan oleh guru ialah sebesar 3.38 di posisi sangat layak dalam melatih kemampuan berpikir kronologi siswa. Bahwa media pembelajaran sejarah untuk melatih kemampuan berpikir kronologi siswa dalam pembelajaran layak digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Sejarah, Berpikir Kronologi, Pembelajaran Sejarah
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 12 Sep 2022 02:25
Last Modified: 12 Sep 2022 02:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39567

Actions (login required)

View Item View Item