“Kehidupan Sosial Ekonomi Buruh PT Sumatera Tropical Spices di Kenagarian Sungai Buluh Kabupaten Padang Pariaman 1993-2020”

Amani, Amirah (2022) “Kehidupan Sosial Ekonomi Buruh PT Sumatera Tropical Spices di Kenagarian Sungai Buluh Kabupaten Padang Pariaman 1993-2020”. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_02_AMIRAH_AMANI_16046102_252_2022.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Kehidupan Sosial Ekonomi Buruh PT Sumatera Tropical Spices di Kenagarian Sungai Buluh Kabupaten Padang Pariaman 1993-2020. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana Perubahan dan Perkembangan kehidupan sosial ekonomi serta tingkat kesejahteraan buruh PT Sumatera Tropical Spices. Penelitian ini menggunakan metode sejarah, yang meliputi heuristik, kritik sumber, analisis, sintesis dan interpretasi serta historiografi. Pertama, penulis mengumpulkan semua data yang berhubungan dengan objek penelitian dengan menggunakan dua jenis data, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan narasumber dan pihak terkait lainnya, sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi pustaka. Kedua, dilakukan kritik sumber terhadap data yang telah diperoleh. Ketiga, menganalisis, sintesis dan interpretasi data. Keempat, penulis menerangkang hasil penelitian dalam bentuk sebuah karya ilmiah berupa skripsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kehidupan sosial-ekonomi buruh di PT Sumatera Tropical Spices sejak tahun 1993-2020 mengalami peningkatan. Perubahan awal kehidupan sosial-ekonomi tersebut terlihat setelah tahun 1998 dan perlahan semakin meningkat pada tahun berikutnya. Buruh PT Sumatera Tropical Spices bekerja dari pukul 08.00-17.00 WIB, dengan itu mereka memperoleh pendapatan berupa gaji, bonus produksi, THR, fasilitas kesehatan dan tunjangan pensiun. Dengan adanya penghasilan yang tetap sebagian mereka sudah memiliki rumah pribadi, mampu memiliki kendaraan roda dua (sepeda motor) mesin cuci, televisi dan alat elektronik lainnya serta pendidikan anak-anak buruh mampu meyekolahkan ke perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sosial, Ekonomi, kesejahteraan buruh
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 09 Sep 2022 01:55
Last Modified: 09 Sep 2022 01:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39550

Actions (login required)

View Item View Item