Menerapkan Metode Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Seni Tari di SMK Negeri 1 Kinali.

Rahmadani, Rini (2022) Menerapkan Metode Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Seni Tari di SMK Negeri 1 Kinali. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_RINI_RAHMADANI_15023027_2659_2022.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan/mendeskripsikan mengenai hasil belajar siswa terhadap pembelajaran seni tari melalui metode cooperative learning di kelas X MM 1 SMK Negeri 1 Kinali. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Room Action Research). Subjek penelitian adalah keseluruhan siswa Kelas X MM 1 SMK Negeri 1 Kinali. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan teknik tes. Langkah-langkah untuk menganalisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, verifikasi data dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar seni tari di kelas X MM 1 SMK Negeri 1 Kinali dengan materi tari Piring sebelumnya mengalami penurunan setelah diterapkan metode cooperative learning hasil belajar siswa mengalami peningkatan sesuai KKM. Rekomendasi dari hasil penelitian dimana terdapat peningkatan hasil belajar siswa per siklus sebanyak dua siklus yaitu pada siklus pertama terdapat peningkatan sebanyak 27,27% dan pada siklus kedua terdapat peningkatan hasil belajar sebanyak 24,24%. Secara keseluruhan akibat dari tindakan guru menggunakan metode cooperative learning tersebut telah terjadi peningkatan secara kuantitatif sebanyak 51,52%. Dapat dilihat bahwa dari 20 orang siswa yang tidak mencapai nilai KKM dari aktivitas menari sekarang hanya tinggal 3 orang yang belum mencapai nilai KKM, tetapi nilainya terus meningkat dari nilai awalnya. Secara kualitatif, terjadi peningkatan perhatian dan partisipasi serta keinginan dari siswa untuk belajar tari Piring. Dapat disimpulkan bahwa dampak dari tindakan guru seni budaya menggunakan metode cooperative learning maka telah terjadi peningkatan pada perhatian, keinginan, dan partisipasi siwa dalam mengikuti pembelajaran seni tari di kelas X MM 1 SMK Negeri 1 Kinali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: COOPERATIVE LEARNING, HASIL BELAJAR, SENI TARI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Sep 2022 01:55
Last Modified: 09 Sep 2022 01:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39547

Actions (login required)

View Item View Item