Proses Belajar dalam Rangka Pewarisan Calempong Oguang Sialang di Nagari Sialang Kecamatan Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota.

Putra, Pano Pio (2022) Proses Belajar dalam Rangka Pewarisan Calempong Oguang Sialang di Nagari Sialang Kecamatan Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_PANO_PIO_PUTRA_15023102_1879_2022.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan tentang Proses Belajar dalam Rangka Pewarisan Calempong Oguang Sialang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Instrumen utama penelitian adalah penelitian sendiri dan dibantu dengan instrument pendukung seperti alat tulis, kamera foto dan camera digital. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Langkah-langkah dalam menganalisis data adalah reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya pewarisan kesenian Calempong Oguang Sialang yang dilakukan adalah sistem terbuka dengan cara melibatkan pemerintah ikut serta dalam mempertahankan kesenian Calempong Oguang Sialang mengajarkan kesenian Calempong Oguang Sialang kepada generasi muda. Tahapan yang dilakukan adalah (1) tahapan pertama : pelaksanaan do’a, (2) tahapan kedua : pengenalan alat-alat yang digunakan, (3) tahapan ketiga : pengenalan lagu-lagu, (4) tahapan keempat : penampilan Calempong Oguang Sialang oleh tertua dan (5) tahapan kelima : perorangan diajarkan satu persatu alat music yang berbeda. Upaya yang telah dilakukan disambut baik oleh seluruh masyarakat. karena menurut mereka Calempong Oguang Sialang ini harus dilestarikan agar tidak punah dan ditinggalkan begitu saja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BELAJAR, KESENIAN, PEWARISAN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Sep 2022 01:54
Last Modified: 09 Sep 2022 01:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39542

Actions (login required)

View Item View Item