Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Everyone is Teacher Here pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 01 VII Koto Talago Kabupaten Lima Puluh Kota

Khair, Yaumil (2022) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Everyone is Teacher Here pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 01 VII Koto Talago Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_YAUMIL_KHAIRIYAH_16129431_206_2022.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah, pada saat proses pembelajaran siswa terlihat kurang aktif, siswa juga kurang mendapatkan konsep-konsep dari berbagai pelajaran dalam satu pembelajaran, serta keberanian siswa berbicara untuk mengemukakan pendapat masih kurang terlihat itu disebakan oleh masih minimnya pengembangan model pembelajaran inovatif yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran, sehingga pada saat proses pembelajaran masih berpusat kepada guru atau teacher centered. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik menggunakan model everyone is teacher here Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, dimana siklus I terdiri dari 2x pertemuan dan siklus II terdiri dari 1x pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas IV SDN 01 VII Koto Talago. Data dari penelitian diperoleh dari penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, proses pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen analisis, lembar observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I 76.94% (cukup) dan siklus II 89.20% (baik), b) Aktivitas guru pada pelaksanaan siklus I 86.36% (baik) dan siklus II 92.5% (sangat baik), sedangkan aktivitas peserta didik pada pelaksanaan siklus I 64.51% (baik), dan siklus II 86.28% (sangat baik), c) Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 79.06 serta persentase 64,51% dan siklus II dengan rata-rata 86.43 serta persentase 87,10%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Everyone is Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran temati

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model everyone is teacher here, hasil belajar, pembelajaran temati
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 08 Sep 2022 04:48
Last Modified: 08 Sep 2022 04:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39539

Actions (login required)

View Item View Item