Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Media Ular Tangga di Kelas IV SD Negeri 53 Kampung Jambak Kota Padang

Irvianda, Viona (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Media Ular Tangga di Kelas IV SD Negeri 53 Kampung Jambak Kota Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_VIONA_IRVIANDA_17129429_308_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu yang rendah, dimana pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru, media yang digunakan guru masih kurang bervariasi, siswa kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan media ular tangga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 24 orang, yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 15 orang perempuan, peneliti berperan sebagai peraktisi, guru kelas berperan sebagai observer yang dibantu oleh teman sejawat. Penelitian dilaksanakan sebanyak II Siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan pada siklus I pertemuan I dan pertemuan II, siklus II pertemuan I. Hasil pengamatan RPP siklus I pertemuan I memperoleh rata-rata 75% (C), meningkat pada pertemuan II menjadi 83% (B), kemudian meningkat menjadi 94% (SB) pada siklus II. Hasil pengamatan aspek guru siklus I pertemuan I rmemperoleh rata-rata 75% (C), meningkat pada pertemuan II menjadi 86% (B), kemudian meningkat menjadi 96% (SB) pada siklus II. Hasil pengamatan aspek siswa siklus I pertemuan I rmemperoleh rata-rata 75% (C), meningkat dipertemuan II menjadi 89%(B), kemudian meningkat menjadi 96% (SB) disiklus II. Hasil belajar siswa mencangkup pengetahuan siklus I pertemuan I 75, pengetahuan siklus I pertemuan II 78 dan Pengetahuan siklus II 90. Keterampilan siklus I pertemuan I memperoleh 74, Keterampilan siklus I pertemuan II 82 dan keterampilan siklus II86. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 53 Kampung Jambak Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 08 Sep 2022 04:47
Last Modified: 08 Sep 2022 04:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39538

Actions (login required)

View Item View Item