Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD

Usmaulidar, Usmaulidar (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_USMAULIDAR_17129095_26_2022.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media masih sangat sederhana yang terdiri dari 1 unsur berupa gambar. Hal tersebut kurang menarik perhatian peserta didik karena media pembelajaran masih belum mendorong semangat belajar peserta didik secara maksimal. Akibatnya peserta didik kurang fokus saat proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan multimedia interaktif berbasis macromedia flash pada pembelajaran tematik terpadu kelas V SD yang prktis dan valid Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap dalam pengembangannya, yaitu analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan angket respon. Lembar validasi terdiri dari lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli bahasa, dan lembar validasi ahli media/grafik. Angket respon terdiri dari angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 15 peserta didik yang terdiri dari 6 laki-laki dan 9 perempuan di kelas V SD Pembangunan Laboratorium UNP. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh hasil validitas materi 86 dengan kategori valid, validitas bahasa 85,8 dengan kategori valid, dan validitas media 87,9 dengan kategori valid. Hasil akhir dari ketiga validasi diperoleh 88 dengan kategori valid. Sedangkan untuk hasilpraktikalitas guru 97 dengan kategori praktis dan hasil praktikalitas peserta didik 89,52 dengan kategori praktis. Hasil akhir praktikalitas guru dan peserta didik diperoleh 93 dengan kategori praktis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Multimedia Interaktif berbasis Macromedia Flash pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD Pembangunan Laboratorium UNP telah dinyatakan valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Ineraktif, Macromedia Flash, Pembelajaran Tematik Terpadu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 08 Sep 2022 04:47
Last Modified: 08 Sep 2022 04:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39535

Actions (login required)

View Item View Item