Pengembangan Video Pembelajaran Sejarah untuk Melatih Kemampuan Siswa Berfikir Continuity and Change

Fitri, Tari Triana (2022) Pengembangan Video Pembelajaran Sejarah untuk Melatih Kemampuan Siswa Berfikir Continuity and Change. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_TARI_TRIANA_FITRI__301_2022.pdf

Download (679kB) | Preview

Abstract

Sejarah merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mengkaji secara sistematis keseluruhan perkembangan, proses perubahan kehidupan masyarakat yang terjadi di masa lampau dengan tujuan mewariskan nilai-nilai kebajikan kepada generasi yang mempelajarinya. Pendidikan sejarah memiliki posisi utama karena kajian terhadap perubahan yang terjadi di masa lampau dan masa kini, membangun wawasan yang kokoh dalam melanjutkan jati diri bangsa dan memperkaya jati diri bangsa dengan perkembangan kekinian serta menghasilkan generasi bangsa yang berkualitas dan berkepribadian Indonesia. Pada pembelajaran sejarah, guru dituntut untuk lebih kreatif dan bervariasi dalam membuat media pembelajaran agar pembelajaran sejarah tidak membosankan dan monoton. Peneliti menawarkan solusi dengan mengembangkan video pembelajaran sejarah untuk melatih kemampuan siswa berfikir Continuity and Change. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan video pembelajaran sejarah untuk melatih kemampuan siswa berfikir Continuity and Change serta menguji kelayakan video pembelajaran sejarah untuk melatih kemampuan siswa berfikir Continuity and Change. Metode penelitian ini yaitu menggunakan penelitan R&D. Peneliti mengembangkan video pembelajaran sejarah menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian ini yaitu (1) Pembuatan produk diawali dengan analisis kebutuhan dari sisi guru, kurikulum dan siswa. (2) Perancangan script dan pengumpulan bahan. Pembuatan script video sebagai stimulus atau rangsangan untuk materi yang berkaitan dengan dampak penjajahan bangsa Eropa terhadap bangsa Indonesia. Setelah itu dilakukan pengumpulan berbagai sumber bacaan dan literasi yang relevan dengan materi yang berkaitan. (3) Produk video pembelajaran sejarah untuk melatih kemampuan siswa berfikir Continuity and Change mendapat penilaian dari ahli materi dan ahli media video dengan tingkat kelayakan yang sangat layak. (4) Produk video pembelajaran sejarah memiliki tingkat kepraktisan yang sangat praktis digunakan sebagai media pembelajaran oleh guru dan bagi siswa sebagai sumber belajar dalam rangka melatih kemampuan siswa berfikir Continuity and Change.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENGEMBANGAN VIDEO, PEMBELAJARAN SEJARAH, BERFIKIR CONTINUITY AND CHANGE
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Sep 2022 04:47
Last Modified: 08 Sep 2022 04:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39534

Actions (login required)

View Item View Item