Efektivitas Modul Bentuk Molekul Berbasis Inkuiri Terstruktur terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA

Ardiansyah, Alexander (2022) Efektivitas Modul Bentuk Molekul Berbasis Inkuiri Terstruktur terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_ALEXANDER_ARDIANSYAH_18035096_3724_2022.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Modul bentuk molekul berbasis inkuiri terstruktur telah diuji validitas dan praktikalitasnya, namun belum diuji efektivitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan keefektivan penggunaan modul tersebut terhadap hasil belajar siswa. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan desain one grup pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Sungai Tarab. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik random sampling dan terpilih kelas X MIPA 3. Berdasarkan hasil uji-t pada taraf nyata 0,05 diperoleh thitung=2,62 dan ttabel=1,68 serta rata-rata nilai pretest = 54,34 dan rata-rata nilai posttest = 81,95 hal ini dapat diartikan hasil belajar siswa menggunakan modul bentuk molekul berbasis inkuiri terstruktur meningkat secara signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul bentuk molekul berbasis inkuiri terstruktur efektiv untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 08 Sep 2022 04:45
Last Modified: 08 Sep 2022 04:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39530

Actions (login required)

View Item View Item