Pengembangan Android Book Sebagai Sumber Belajar Sejarah di SMAN 13 Padang pada Materi Peran Pahlawan Nasional dari Sumatera Barat.

Setiawan, Nanda (2022) Pengembangan Android Book Sebagai Sumber Belajar Sejarah di SMAN 13 Padang pada Materi Peran Pahlawan Nasional dari Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_NANDA_SETIAWAN_18046024_3214_2022.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengembangan sumber belajar berupa android book pada materi peranan pahlawan nasional dari Sumatera Barat di SMA. Tidak tercapainya tujuan pembelajaran untuk memahami peranan pahlawan nasional menjadi permasalahan tersendiri dalam kegiatan belajar sejarah. Hal tersebut terbukti dengan masih banyak nya siswa yang kesulitan untuk menjelaskan peranan pahlawan nasional dari Sumatera Barat ketika kegiatan pembelajaran berlangsung. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan sumber belajar yang berupa android book, menganalisis kelayakan android book dan untuk menganalisis praktis atau tidakkah android book digunakan sebagai sumber belajar siswa di SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian research and development atau R&D (Penelitian dan Pengembangan) yang terdiri dari empat tahapan penelitian yaitu analisis, desain, pengembangan dan implementasi. Uji kelayakan produk penelitian terdiri dari ahli materi, ahli sumber belajar, guru mata pelajaran sejarah. Sedangkan untuk uji praktikalitas penelitian terdiri dari 37 siswa kelas X MIPA di SMAN 13 Padang. Instrumen yang digunakan untuk uji kelayakan (validasi) yaitu angket validasi. Kategori penilaian instrumen menggunakan skala likert untuk melihat kepraktisan android book sebagai sumber belajar. Pengembangan produk dimulai dengan pertama ditemukanya masalah dalam kegiatan belajar sejarah yang dialami oleh siswa. Kedua, melakukan perancangan sumber belajar berupa android book yang berisikan materi tentang peranan pahlawan nasional dari Sumatera Barat yaitu H. Agus Salim, Muhammad Natsir, Tan Malaka, Muhammad Yamin, Sutan Sjahrir dan Buya Hamka. Ketiga, memvalidasi dan menguji kelayakan android book untuk digunakan sebagai sumber belajar. Dimulai dengan membuat kisi-kisi angket validasi produk untuk ahli materi, ahli sumber belajar, guru mata pelajaran sejarah. Hasil validasi dari ahli materi diperolah kategori “Sangat Layak”, hasil validasi ahli sumber belajar diperolah kategori “Sangat Layak” dan hasil validasi oleh guru sejarah diperoleh kategori “Sangat Layak”. Keempat, melakukan uji praktikalitas kepada siswa yang diperoleh kategori “Sangat Praktis”. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah android book praktis untuk digunakan dalam kegiatan belajar sejarah sebagai sumber belajar siswa kelas X

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ANDROID BOOK, BELAJAR SEJARAH
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Sep 2022 03:29
Last Modified: 08 Sep 2022 03:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39526

Actions (login required)

View Item View Item