Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Siswa Kelas IV SDN No.112302 Adian Torop Kecamatan Aek Natas Kabupaten Labuhanbatu Utara

Miswanti, Miswanti (2022) Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Siswa Kelas IV SDN No.112302 Adian Torop Kecamatan Aek Natas Kabupaten Labuhanbatu Utara. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_MISWANTI_17129060_263_2022.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya hasil belajar sisiwa pada pembelajaran tematik terpadu, kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran dan siswa kurang berani untuk mengemukakan idenya dalam pembelajaran sehingga pembelajaran cenderung pasif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SDN No.112302 Adian Torop Kecamatan Aek Natas Kabupaten Labuhanbatu Utara. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan bentuk Quasi Experimental Type Nonequivalent Control Group Design. Desain penelitian yang digunakan Posttes Only Control Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Nonprobability sampling dengan jenis sampel jenuh. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN No.112302 Adian Torop Kecamatan Aek Natas Kabupaten Labuhanbatu Utara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal objektif berupa pilihan ganda sebanyak 15 butir soal. Teknik analisis data penelitian ini uji prasyarat uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji-t (independent samplet-test). Berdasarkan analisis data maka diperoleh hasil uji hipotesis dengan thitung> ttabel yaitu 3,377 > 2,093 maka hipotesis terbukti kebenarannya dan diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Number Head Together terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu siswa Siswa Kelas IV SDN No.112302 Adian Torop Kecamatan Aek Natas Tahun Pembelajaran 2020-2021.Dengan demikian, hipotesis terbukti kebenarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Number Heads Together, Pembelajaran Tematik Terpadu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 08 Sep 2022 03:26
Last Modified: 08 Sep 2022 03:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39522

Actions (login required)

View Item View Item