Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Di Kelas IV SD Negeri 05 Birugo Bukittinggi

Zulfa, Fadhilla (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Di Kelas IV SD Negeri 05 Birugo Bukittinggi. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_Fadhila_Zulfa_18129173_2953_2022.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang optimalnya penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaraan menggunakan model yang dapat membangkitkan keaktifan peserta didik serta belum menggunakan model pembelajaran diskusi kelompok sehingga pada pembelajaran masih terkesan konvensional, serta kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru, sehingga berdampak pada rendahya hasil belajar peserta didik di kelas IV SD Negeri 05 Birugo Kota Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di kelas IV SD Negeri 05 Birugo Kota Bukittinggi.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilakukan dalam jangka waktu 3 minggu yang terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini diksanakan di SD Negeri 05 Birugo Kota Bukittinggi dengan subjek penelitiannya adalah guru beserta peserta didik di kelas IV.Hasil penelitian dilihat dari aspek Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di siklus I diperoleh rata-rata skor 84,5% dan pada siklus II diperoleh skor 94% (Sangat Baik). Pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru siklus I diperoleh rata-rata yaitu 82,5% (Baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 96% (Sangat Baik). Aktivitas peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata yaitu 80,5% (Baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 96% (Sangat Baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 73,5 (Cukup) sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 82 (Baik). Dengan demikian model kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Tematik Terpadu, Model kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:33
Last Modified: 08 Sep 2022 02:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39521

Actions (login required)

View Item View Item