Perbedaan Subjective Well-Being Siswa Ditinjau dari Durasi Penggunaan Media Sosial TikTok

Ramadhani, Annisa Fortuna (2022) Perbedaan Subjective Well-Being Siswa Ditinjau dari Durasi Penggunaan Media Sosial TikTok. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_05_Annisa_Fortuna_Ramadhani_18006234_2939_2022.pdf

Download (296kB) | Preview

Abstract

Pendirian maupun pemikiran remaja yang belum stabil menjadikan kondisi subjective well-being masing-masing siswa satu dan lainnya berbeda. Ketika siswa memiliki subjective well-being rendah akan dapat berdampak negatif pada dirinya sendiri dan orang-orang disekitarnya. Salah satu faktor yang diduga mempengaruhi subjective well-being adalah penggunaan media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) subjective well-being, (2) durasi penggunaan media sosial TikTok, serta (3) menguji perbedaan subjective well-being siswa ditinjau dari durasi penggunaan media sosial TikTok.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif komparatif. Populasi penelitian ini sebanyak 165 siswa yang menggunakan media sosial TikTok di SMPN 12 Padang dengan sampel 165 siswa dengan menggunakan metode sensus. Instrumen yang digunakan adalah “instrumen penelitian subjective well-being” dengan menggunakan skala model Likert. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan teknik uji Independent Samples Test. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa: (1) subjective well-being siswa yang menggunakan media sosial TikTok dengan durasi rendah berada pada kategori sedang, (2) subjective well-being siswa yang menggunakan media sosial TikTok dengan durasi tinggi berada pada kategori rendah, dan (3) terdapat perbedaan signifikan antara subjective well-being siswa ditinjau dari durasi penggunaan media sosial TikTok dengan nilai p= 0,000 < 0,05, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara subjective well-being siswa ditinjau dari durasi penggunaan media sosial TikTok. Implikasi bagi bimbingan dan konseling dapat dilakukan dengan pemberian layanan informasi, bimbingan kelompok dan layanan penguasan konten dengan topik “cara memanfaatkan media sosial TikTok”, “kebermaknaan hidup”, dan “motivasi diri”

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Subjective Well-Being, Media Sosial TikTok
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:33
Last Modified: 08 Sep 2022 02:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39519

Actions (login required)

View Item View Item