Upaya Peningkatan Partisipasi Belajar Sejarah Menggunakan Model TGT Dengan Aplikas Quizizz di SMAN 2 Pariaman

Jasni, Siska Mutia (2022) Upaya Peningkatan Partisipasi Belajar Sejarah Menggunakan Model TGT Dengan Aplikas Quizizz di SMAN 2 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_SISKA_MUTIA_JASNI_17046085_2569_2022.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS 3 SMAN 2 Pariaman melalui penerapan model pembelajaran teams games tournamen (TGT) dengan aplikasi Quizizz Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini dapat menjadi masukan dan inspirasi bagi guru-guru menggunakan model pembelajaran teams games tournamen (TGT) dengan aplikasi Quizizz dikelas lain. Penerapan model pembelajaran teams games tournament (TGT) dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam belajar agar siswa tetap aktif dan berpartisipasi mengikuti kegiatan belajar serta dapat meningkatkan potensi yang dimiliki. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMAN 2 Pariaman Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 17 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan mengamati partisipasi dan dokumentasi siswa, sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar Telly untuk mengamati partisipasi belajar siswa dalam kelas. Analisis data yang dilakukan adalah analisis data deskriptif kuantitatif yang menunjukkan penilaian atau munculnya partisipasi siswa dalam pembelajaran sejarah. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran teams games tournament (TGT) dengan aplikasi Quizizz dapat meningkatkan partisipasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS 3 SMAN 2 Pariaman. Hal ini dibuktikan atau didukung oleh data penelitian yang mengalami peningkatan partisipasi siswa dalam belajar sejarah meningkat secara bertahap yaitu dari awal observasi meningkat ke siklus I dan meningkat kembali di siklus II. Awal observasi 51,6%, pada siklus I meningkat 59,14% dan meningkat kembali di siklus II yaitu 75,81% yang dapat dikategorikan dalam kagetori baik. Peningkatan ini terjadi secara terus menerus dan meningkat pada setiap indikatornya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TEAMS GAMES TOURNAMENT, PARTISIPASI PEMBELAJARAN SEJARAH
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:33
Last Modified: 08 Sep 2022 02:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39517

Actions (login required)

View Item View Item