Penggunaan Aplikasi Google-form pada Pembelajaran Seni Budaya (Musik) Kelas VIII-2 SMP Negeri 4 Di Kota Sungai Penuh.Padang.

Pratama, Edo Parci (2022) Penggunaan Aplikasi Google-form pada Pembelajaran Seni Budaya (Musik) Kelas VIII-2 SMP Negeri 4 Di Kota Sungai Penuh.Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_EDO_PARCI_PRATAMA_17232055_618_2022.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan aplikasi google-form untuk pemberian umpan balik oleh guru terhadap hasil penilaian siswa pada pembelajaran seni budaya (musik) yang berlangsung pada semester ganjil tahun ajaran 2021 pada pelajaran seni musik di kelas VIII-2 SMP Negeri 4 Sungai Penuh. Masalah yang menjadi fokus penelitian ini adalah bagaimana guru dapat memberikan umpan balik hasil penilaian yang benar dan akurat menggunakan google-formagar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian adalah kualitatif, dengan metode deskriptif analisis.Yang menjadi objek penelitian adalah kegiatan guru membuat ujian dan mengoperasikangoogle-form, sehingga pada saat dijelaskannya penggunaan aplikasi whatsapp, umpan balik hasil penilaian yang diberikan dan yang diterima oleh siswa bisa berlangsung dengan baik.Instrumen penelitian adalah catatan pengamatan, catatan wawancara, dan dokumen.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi pustaka.Analisis data dilakukan dengan 8 tahapan teknis yaitu (1) pengumpulan; (2) pemindahan; (3) penandaan; (4) pengelompokkan; (5) pengabsahan; (6) penjelasan; (7) pembahasan; dan (8) Tahap penyimpulan. Hasil penelitian telah mendeskripsikan bahwa dengan penggunaan google-formuntuk pelaksanaan ulangan harian, memacu siswa untuk dapat mengerjakannya dengan lebih mudah dan cermat.Setelah ujian dilaksanakan guru juga dengan cepat dapat memberikan umpan balik hasil penilaian kepada siswa tersebut, karena data pengolahan hasil ujian dengan google-form juga lebih akurat.Terbukti sejak dilaksanakannya ujian harian-1 dengan pencapaian hasil belajar 55%, setelah diberi umpan balik lewat aplikasi whatsapp group, capaian hasil belajar siswa di ulangan harian-2 meningkat menjadi 67%.maka bisa dikatakan bahwa aplikasi google-formdalam penggunaanya dapat memberikan umpan balik hasil dari sebuah penilaian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: GOOGLE-FORM, PEMBELAJARAN SENI, SENI BUDAYA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:32
Last Modified: 08 Sep 2022 02:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39511

Actions (login required)

View Item View Item