Pengembangan E-Modul Interaktif dengan Aplikasi Flip PDF Corporate Edition Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XISMA Semester 1

Ferida, Rofifa Fairuz (2022) Pengembangan E-Modul Interaktif dengan Aplikasi Flip PDF Corporate Edition Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XISMA Semester 1. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_03_ROFIFA_FAIRUZ_FERIDA_17004102_12_2022.pdf

Download (147kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan belum adanya sumber belajar berbasis eletronik di SMA Kartika 1-5 Padang. Selain itu, media dan penggunaan bahan ajar yang belum bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e- modul interaktif sesuai prosedur pengembangan dengan menggunakan standar kriteria kevalidan dan kepraktisan sehingga menjadi e-modul interaktif yang layak digunakan dalam proses pembelajaran serta e-modul digunakan kapan saja dan dimana saja. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan model ADDIE. Model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu: analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah berupa produk e-modul interaktif dengan aplikasi Flip PDF Corporate Edition pada mata pelajaran biologi kelas XI SMA semester 1, e-modul ini dapat diakses melalui laptop/PC dan smartphone dengan menggunakan jaringan internet. Uji validasi materi dilakukan oleh satu orang validator dan untuk uji validasi media dilakukan oleh dua orang ahli media. Uji coba produk dilakukan kepada peserta didik kelas XI IPA di SMA Kartika 1-5 Padang Tahun Ajaran 2021/2022 dengan subjek sebanyak 13 orang. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa, penilaian dari validator materi menjelaskan bahwa, penilaian dari validator materi memperoleh rata-rata sebesar 4,89 dikategorikan sangat tepat, penilaian dari validator media 1 diperoleh rata-rata sebesar 4,46 dikategorikan sangat valid dan hasil validitas dari media 2 diperoleh rata-rata sebesar 4,88 dikategorikan sangat valid. Hasil uji coba praktikalitas memperoleh rata-rata sebesar 4,79 dikategorikan sangat praktis. Berdasarkan hasil uji validitas dan praktikalitas, maka e-modul interaktif mata pelajaran biologi kelas XI yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Interactive, Flip PDF Cor
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:32
Last Modified: 08 Sep 2022 02:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39509

Actions (login required)

View Item View Item