Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 1 Payakumbuh.

Krismina, Ninda (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 1 Payakumbuh. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_03_NINDA_KRISMINA_17004095_146_2022.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan terhadap proses pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Payakumbuh, terlihat bahwa fokus pembelajaran masih berpusat kepada guru. Ini mengakibatkan siswa lebih banyak mendengarkan daripada keaktifan dalam mengeluarkan pendapat, diduga ini berpengaruh terhadap hasil belajarnya. Guru memberikan berbagai jenis sumber belajar untuk dapat dipelajari siswa namun dengan belajar yang konvensional mengakibatkan siswa kurang aktif dan kreatif. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Flipped Classroom terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Payakumbuh.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitaif berbentuk Quasy Experiment. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Payakumbuh tahun 2021/2022. Sampel diambil dari dua kelas yaitu kelas VIII9 sebagai kelas eksperimen dan VIII10 sebagai kelas kontrol. Data yang diperlukan dari penelitian ini adalah data hasil belajar yang diperoleh menggunakan tes berbentuk soal objektif sebanyak 40 butir soal, dan data dianalisis dengan uji perbedaan (t-test).Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas yang menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom yaitu 82,47 lebih tinggi daripada rata-rata kelas yang menggunakan metode konvensional yaitu 70,23. Dengan uji-t pada taraf signifikan α 0,05 diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,0297 > 1,645. Ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom dibandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Pembelajaran, Flipped Classroom, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:32
Last Modified: 08 Sep 2022 02:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39507

Actions (login required)

View Item View Item