Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together Di Kelas IV SDN 01 VII Koto Talago Kabupaten 50 Kota

Putri, Jamaika Dwi (2022) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together Di Kelas IV SDN 01 VII Koto Talago Kabupaten 50 Kota. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_03_JAMAIKA_DWI_PUTRI_17129146_218_2022.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan: kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru dan guru belum melibatkan siswa secara aktif alam pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil pembelajaran pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together di Kelas IV SDN 01 VII Koto Talago Kabupaten 50 Kota. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 01 VII Koto Talago Kabupaten 50 Kota yang berjumlah 19 orang, terdiri dari orang 11 laki-laki dan 8 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan, observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada:1) Perencanaan pembelajaran Siklus I dengan rata-rata 80,6% (B) dan siklus II dengan rata-rata 97,2% (A). 2) Pelaksanaan pada aktivitas guru siklus I dengan rata-rata 79,2 % (B) dan siklus II dengan rata-rata 94,5% (A), serat pada aktivitas siswa pada siklus I dengan rata-rata 76,2% (B) dan siklus II dengan rta-rata 94,5% (A). 3) Hasil belajar siswa siklus I dengan rata-rata 73,4 (C) dan siklus II dengan rata-rata 88,8 (B). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dijabarkan di atas dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan pembelajaran tematik terpad

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Tematik, Numbered head Tog
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:31
Last Modified: 08 Sep 2022 02:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39496

Actions (login required)

View Item View Item