Efektivitas Penggunaan Media Video Berbantuan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Bimbingan TIK Di SMPN 1 Enam Lingkungan

Sholiha, Hilwani (2022) Efektivitas Penggunaan Media Video Berbantuan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Bimbingan TIK Di SMPN 1 Enam Lingkungan. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_03_HILWANI_SHOLIHA_17004087_162_2022.pdf

Download (348kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan peneliti terhadap pembelajaran Bimbingan TIK di SMPN 1 Enam Lingkung, diperoleh informasi bahwa penggunaan WhatsApp Group dalam proses belajar tidak beraturan dan masih berpusat pada guru dengan menggunakan WhatsApp berbantuan buku paket. Saat pembelajaran tersebut, penggunaan bahan ajar belum mendorong siswa untuk aktif, situasi saat belajar belum tergambar baik, penyajian materi kurang menarik, dan kurangnya pemanfaatan media membuat siswa menjadi pasif sehingga berdampak secara negatif pada hasil belajar siswa. Peneliti melakukan eksperimen dengan menguji coba penggunaan Google Classroom berbantuan media video dalam pembelajaran Bimbngan TIK terhadap hasil belajar siswa di SMPN 1 Enam Lingkung. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas penggunaan media video berbantuan Google Classroom terhadap hasil belajar siswa pada Bimbingan TIK di SMPN 1 Enam Lingkung Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan pendekatan quasy experiment untuk melihat perbandingan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX. B dan IX.C dengan jumlah siswa 32 orang perkelas. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa lembar tes sebanyak 20 butir soal piliha ganda dengan alat pengumpulan data menggunakan lembaran jawaban. Data yang didapat dianalisis dengan uji perbedaaan (t-tes). Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelompok kelas eksperimen sebesar 76,25 lebih tinggi dari nilai rata-rata kelompok kelas kontrol sebesar 63,75. Dari analisis uji-t diperoleh t hitung > t tabel yaitu 3,22 > 1,697 pada tarif signifikan α 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video berbantuan Google Classroom efektif pada pelajaran Bimbingan TIK di SMPN 1 Enam Lingkung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Video, Google Classroom, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:30
Last Modified: 08 Sep 2022 02:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39494

Actions (login required)

View Item View Item