Motivasi Kerja Pegawai Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman

Safitri, Afrilya (2022) Motivasi Kerja Pegawai Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_01_AFRILYA_SAFITRI_17002001_234_2022.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi kerja pegawai Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui menggali informasi tentang motivasi kerja pegawai Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman yang ditinjau dari aspek 1) ketekunan, 2) semangat kerja, 3) disiplin, 4) tanggungjawab. Pertanyaan penelitian yang diajukan adalah seberapa tinggi motivasi kerja pegawai Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman yang ditinjau dari aspek 1) ketekunan, 2) semangat kerja, 3) disiplin, 4) tanggungjawab. Jenis penelitian yang akan dilakukan adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang akan menjelaskan variabel apa adanya. Populasi penelitian ini adalah semua pegawai Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman yang berjumlah 71 orang. Penelitian ini adalah penelitian populasi yaitu semua populasi dijadikan sampel dikarenakan jumlah populasinya yang kurang dari seratusdengan menggunakan teknik total sampling (sampel keseluruhan). Instrumen pengumpulan data dirumuskan dirangkai berdasarkan angket model skala likert dengan lima alternatif pilihan jawaban yaitu Selalu (5), Sering (4), Kadang-kadang (3), Jarang (2) dan Tidak Pernah (1) yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Penelitian uji coba yang telah dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Pariaman sebanyak 15 orang pegawai pada tanggal 13 Agustus 2021. Dengan menggunakan korelasi instrumen pada taraf kepercayaan 5% (=0,514). Validitas yang didapatkan semua butir dinyatakan valid dan reliabilitasnya dinyatakan reliabel dengan menggunakan rumus cronbach alpha. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa persepsi pegawai tentang motivasi kerjanya dilihat dari 1) aspek ketekunan dengan rata-rata skor yaitu 4,46 berada pada kategori baik, 2) aspek semangat kerja dengan rata-rata skor yaitu 4,49 berada pada kategori baik, 3). aspek disiplin dengan rata-rata skor yaitu 5,62 berada pada kategori sangat baik, 4) aspek tanggung jawab dengan rata-rata skor yaitu 4,56 berada pada kategori baik. Secara keseluruhan rata-rata motivasi kerja pegawai adalah 4,78 dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi kerja pegawai
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:30
Last Modified: 08 Sep 2022 02:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39488

Actions (login required)

View Item View Item