Pengembangan e-Booklet Sebagai Bahan Ajar Sejarah Indonesia untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kausalitas Siswa

Haque, Shinta D’amara (2022) Pengembangan e-Booklet Sebagai Bahan Ajar Sejarah Indonesia untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kausalitas Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_SHINTA_D’AMARA_HAQUE_16046138_1865_2022.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran sejarah penting bagi siswa memahami berpikir secara kausalitas. Penelitian ini diawali dari masalah utama kurangnya kemampuan siswa berpikir secara kausalitas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bahan ajar e-booklet pada mata pelajaran sejarah di SMA N 1 Batang Anai. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kausalitas siswa dengan menggunakan bahan ajar e-booklet. Maka dari itu perlu dikembangkan bahan ajar yang dapat melatih siswa dalam berpikir kausalitas. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model ADDIE. Ada lima tahapan dalam model ADDIE, yaitu: Analysis (analisa), pada tahap ini dimulai dengan analisis kebutuhan dan analisis materi. Design (perancangan), pada tahap desain ini dilakukan perancangan terhadap produk e-booklet, development (pengembangan), pada tahap pengembangan dilakukan validasi angket, validasi materi dan validasi bahan ajar yang divalidasi oleh ahli materi dan ahli bahan ajar untuk dilihat kelayakan nya. Selanjutnya implementation (implementasi/eksekusi), serta evaluation (evaluasi/umpan balik). Akan tetapi pada penelitian ini hanya sampai tahap pengembangan saja (development). Hasil penilaian oleh ahli materi dan ahli bahan ajar diukur dengan menggunakan skala likert. Hasil penilaian menunjukkan bahwa bahan ajar e-booklet sangat layak dapat dilihat dari hasil penilaian dari ahli materi mendapat nilai rata-rata 3,60 dengan kategori (sangat layak) dan presentase 90,6 % dengan kategori (sangat layak), kemudian dari hasil penilaian ahli bahan ajar mendapat nilai rata-rata 3,80 dengan kategori (sangat layak) dan presentase 95 % dengan kategori (sangat layak). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-booklet sejarah sangat layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BAHAN AJAR E-BOOKLET, PEMBELAJARAN SEJARAH
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:30
Last Modified: 08 Sep 2022 02:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39486

Actions (login required)

View Item View Item