Persepsi Pemustaka terhadap layanan Minangkabau Corner di Perpustakaan Universitas Andalas

Irfandi, Rifan (2022) Persepsi Pemustaka terhadap layanan Minangkabau Corner di Perpustakaan Universitas Andalas. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
A_08_RIFAN_IRFANDI_17234058_2774_2022.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Persepsi Pemustaka terhadap layanan Minangkabau Corner di Perpustakaan Universitas Andalas. layanan Minangkabau Corner adalah untuk mengembangkan kebudayaan Minang dan memajukan Universitas Andalas dalam menjadikan Minangkabau Cornersebagai pusat yang mencakup kebudayaan Minang itu sendiri. Adapun menurut Febrin Anas Ismail tujuan dan fungsi layanan Minangkabau Cornerini sendiri untuk menyebarluaskan informasi kebudayaan Minang baik berbentuk tercetak/digital salah satunya ditunjukan kepada masyarakat Minang yang sedang merantau. Bisa disimpulkan layanan Minangkabau Cornerini sendiri mempunyai tujuan dan fungsi layanan Minangkabau Cornerini sendiri gunan melestarikan koleksi kebudayaan Minang baik itu berbentuk tercetak atau digital serta merawat naskah naskah kuno. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi seseorang adalah sebagai berikut:a. Stereotip, yaitu pandangan tentang ciri-ciri tingkah laku dari sekelompokmasyarakat tertentu. Misalnya kelompok suku, agama, kelas ekonomi,jenis kelamin, etnis dan lain-lain.b. Persepsi diri, yaitu pandangan terhadap diri sendiri yang dapatmempengaruhi pembentukan kesan pertama. Berbagai penelitianmenunjukkan adanya kecenderungan untuk melihat kesamaan yang adaantara diri pribadi dan dengan orang yang baru dikenal.c. Situasi dan kelompok, yaitu pandangan terhadap sesorang yangdipengaruhi oleh situasi dan kondisi tertentu. d. Ciri yang ada pada orang lain, yaitu daya tarik fisik sesorang yang dapat menimbulkan penilaian khusus pada saat pertama kali bertemu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data menggunakan angket. Populasi sebanyak 30.583 Mahasiswa Universitas Andalas, sedangkan sampel berjumlah 99 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar pemustaka menjawab senang terhadap layanan Minangkabau Corner baik itu dari segi pustakawan atau Minangkabau Corner itu sendiri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Pemustaka;Layanan;Minangkabau Corner.
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 07 Sep 2022 01:49
Last Modified: 07 Sep 2022 01:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39480

Actions (login required)

View Item View Item