“Implementasi Program Inovasi Perpustakaan melalui Pojok Baca Instagrammable di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Bukittinggi

Kurnia, Kurnia (2022) “Implementasi Program Inovasi Perpustakaan melalui Pojok Baca Instagrammable di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Bukittinggi. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
A_08_KURNIA_18234040_2775_2022.pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemanfaatan perpustakaan di Indonesia yang disebabkan oleh adanya perkembangan teknologi daninformasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program inovasi perpustakaan Proklamator Bung Hatta Bukittinggi melalui penyediaan area baca lesehan seperti pojok baca instagrammable. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data ini dilakukan dalam tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Unsur kebaruan telah diterapkan di pojok baca instagrammable dengan cara memperbarui ruang baca majalah menjadi area baca lesehan. (2) Unsur efektif telah diterapkan di pojok baca instagrammable karena area baca lesehan tersebut lebih dimanfaatkan oleh pemustaka dibandingkan area baca sebelumnya. (3) Unsur kebermanfaatan telah diterapkan di pojok baca instagrammable karena area tersebut dapat dijadikan sebagai tempat diskusi kelompok, pelatihan ekstrakurikuler dan lain sebagainya. (4) Unsur dapat ditransfer dan direplikasi telah diterapkan di pojok baca instagrammable karena desain dan penataan area pojok baca tersebut dapat dijadikan rekomendasi atau rujukan bagi instansi lainnya. (5) Unsur keberlanjutan telah diterapkan di pojok baca instagrammable karena perpustakaan akan memperbarui dan menambah area baca tersebut di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: inovasi, pojok baca, instagrammable
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 07 Sep 2022 01:49
Last Modified: 07 Sep 2022 01:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39479

Actions (login required)

View Item View Item