Evaluasi Geometri Peledakan untuk Mendapatkan Fragmentasi yang Ideal di TambangTerbuka PT. Allied Indo Coal Jaya Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto Provinsi Sumatera Barat

Genta, Genta (2022) Evaluasi Geometri Peledakan untuk Mendapatkan Fragmentasi yang Ideal di TambangTerbuka PT. Allied Indo Coal Jaya Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto Provinsi Sumatera Barat. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_12_GENTA_18080015_654_2022.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Dalam proses peledakan, salah satu indikator yang mempengaruhi keberhasilan dari suatu proses peledakan tersebut yaitu fragmentasi batuan hasil peledakan, dimana fragmentasi yang dihasilkan harus sesuai dengan kemampuan alat gali muat agar mencapai target produksi. Untuk mendapatkan distribusi fragmentasi yang ditargetkan, salah satu parameter penting yang harus diperhatikan adalah geometri peledakan.Dari hasil observasi lapangan yang penulis lakukan di PT. AIC Jayapadaarea pit central puncak, penulis melihat beberapa peledakan menghasilkan fragmentasi batuan yang dikategorikan boulder (>100cm) kira-kira 20%seperti yang terlihat pada Gambar 1, dengan nilai burden 300 cm, spasi 300cm dan panjang lubang ledak 600cm. Padahal perusahaan telah menentukan untuk target fragmentasi yang berukuran>100cmyaitu<10%.Untuk mendapatkan distribusi ukuran fragmentasi hasil peledakan yang sesuai dengan ukuran bucket alat gali muat maka salah satu parameter penting yang harus diperhatikan adalah geometri peledakan. Berdasarkan perhitungan menggunakan rumus RL Ash, diperoleh tiga geometri peledakan usulan. Maka dipilih rekomendasi geometri peledakan usulan II dengan nilai burden dan spasi ialah 2,5 x 3,5 meter. Sementara itu, nilai stemming (T) yang didapatkan ialah 1,75 meter, untuk kedalaman lubang bor (H) 6,5 meter, panjang kolomisian (PC) dengan nilai 4,75 meter dan nilai subdrilling (J) yaitu 0,5 meter dengan prediksi persentase fragmentasi batuan hasil peledakan menggunakan metode Kuz-Ram dengan ukuran ≥100 cm yaitu 1,5%, dan prediksi persentase fragmentasi batuan hasil peledakan menggunakan software Split Dekstop dengan ukuran ≥100 cm yaitu 2,68%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - D3
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 07 Sep 2022 01:48
Last Modified: 07 Sep 2022 01:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39465

Actions (login required)

View Item View Item