Pengendali Suhu, Kelembaban, dan Intenstias Cahaya Pada Greenhouse untuk Tanaman Bawang Merah Menggunakan Internet Of Things (IoT)

Putra, Gardenia Marheta (2022) Pengendali Suhu, Kelembaban, dan Intenstias Cahaya Pada Greenhouse untuk Tanaman Bawang Merah Menggunakan Internet Of Things (IoT). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_GARDENIA_MARHETA_PUTRA_17065042_2022.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Perubahan terhadap suhu dapat berpengaruh terhadap kelembaban udara pada tanaman, dan tentunya di iringi dengan cahaya matahari yang cukup tanaman dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Dengan adanya kemajuan teknologi dengan digunakannya rumah kaca bisa mengatur suhu dan kelembaban udara sesuai dengan kebutuhan tanaman agar mendapatkan hasil perkebunan yang lebih baik. Oleh sebab itu diperlukan suatu alat yang berfungsi layaknya rumah kaca namun dilengkapi dengan sistem pengendali suhu, kelembaban dan intensitas cahaya otomatis dengan penggunaan Internet Of Things yang cukup baru di dalam dunia pertanian. Metode pengembangan sistem Internet Of Things menggunakan Prototyping, dengan pendekatan ini dapat mengetahui dengan baik kebutuhan pengguna dan analisa hasil pengembangan sistem dengan cepat. Perangkat IoT yang digunakan untuk membentuk sistem ini meliputi Arduino Mega 2560, Sensor Cahaya BH1750, Sensor Suhu dan Kelembaban DHT11 dan aplikasi Blynk. Dengan adanya Internet Of Things kita dapat dengan mudah memeantau greenhouse dimana pun dan kapanpun selama masih ter koneksi dengan internet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 07 Sep 2022 01:46
Last Modified: 07 Sep 2022 01:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39457

Actions (login required)

View Item View Item