Penyebab Sulitnya Menjawab Soal HOTS dalam Pembelajaran Sosiologi di Kelas XI 0IPS SMAN 1 Batang Kapas, Pesisir Selatan

Dalman, Rizki Pratama (2022) Penyebab Sulitnya Menjawab Soal HOTS dalam Pembelajaran Sosiologi di Kelas XI 0IPS SMAN 1 Batang Kapas, Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_RIZKI_PRATAMA_DALMAN_17058041_3306_2022.pdf

Download (262kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab sulitnya siswa menjawab soal HOTS dalam pembelajaran sosiologi di kelas XI IPS SMAN 1 Batang Kapas, Pesisir Selatan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh observasi awal yang menunjukkan bahwa siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Batang Kapas masih kesulitan dalam menjawab soal yang memerlukan kemampuan berfikir tingkat tinggi (HOTS). Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam terhadap kasus atau kejadian dengan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber yang berkaitan tentang penyebab sulitnya siswa menjawab soal HOTS dalam pembelajaran sosiologi di kelas XI IPS SMAN 1 Batang Kapas, Pesisir Selatan. Kriteria informan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS dan guru sosiologi di kelas XI IPS SMAN 1 Batang Kapas. Teknik pemilihan informan pada penelitian ini menggunakan cara Purposive Sampling. Penelitian ini memperlihatkan bahwa, penyebab sulitnya siswa menjawab soal HOTS disebabkan oleh (1) Siswa Tidak Memahami Materi. Berdasarkan wawancara dengan beberapa siswa dapat diperoleh informasi bahwa mereka tidak memahami materi karena kesulitan dari cara guru mengajar baik itu karena guru yang menggunakan istilah yang sulit dipahami, penyampaian materi yang terkadang kurang jelas maupun guru yang terlalu cepat mengajarkan materi dalam proses belajar. Di lain hal berdasarkan observasi dapat ditemui penyebab siswa kesulitan memahami materi adalah karena mereka yang tidak serius dalam belajar. Hal tersebut terlihat dari sikap mereka yang mengantuk saat belajar dan ada juga yang mengobrol dengan siswa lain. Ketidaktarikan siswa dalam belajar disebabkan oleh guru yang mengajar banayak menggunakan metode ceramah sehingga siswa menjadi bosan dan kemampuan berfikir siswa tidak terasah. Penyebab guru yang banyak menggunakan metode ceramah adalah karena kurangnya pelatihan yang di dapat berkenaan pembelajaran HOTS dan soal HOTS, sehingga pengalaman guru tentang HOTS masih terbilang rendah dan (2) Siswa Tidak Mengerti Perintah Soal. Berdasarkan wawancara diperoleh informai bahwa penyebab siswa tidak mengerti perintah soal dikarenakan mereka tidak pernah di ajarkan oleh guru mengenai apa itu soal HOTS dan apa saja yang menjadi syarat sebuah soal HOTS. Hal tersebut dibenarkan oleh guru dimana guru hanya sekedar memberi soal HOTS tersebut kepada siswa, soal HOTS yang diberikan juga masih sedikit sehingga siswa belum terbiasa dan tidak terlatih untuk menjawab soal HOTS yang diujikan kepada mereka. Hal tersebut terjadi karena guru yang kurang mendapatkan pelatihan tentang HOTS, disamping itu daya tangkap siswa kelas XI IPS dapat dikatakan masih menengah kebawah hal tersebut juga dibenarkan oleh guru Sosiologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN SOSIOLOGI
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Sep 2022 01:45
Last Modified: 07 Sep 2022 01:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39448

Actions (login required)

View Item View Item