Pengaruh Penggunaan Metode Sinektika Terhadap Keterampilan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Gunuang Omeh

Putri, Yunike Eka (2022) Pengaruh Penggunaan Metode Sinektika Terhadap Keterampilan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Gunuang Omeh. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
A_01_YUNIKE_EKA_PUTRI_17016048_10_2022.pdf

Download (295kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan tingkat ketarampilan menulis teks puisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kecematan Gunuang Omeh sebelum menggunakan metode sinektika. Kedua, mendeskripsikan tingkatketerampilan menulis teks puisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Gunuang Omeh sesudah menggunakan metode sinektika. Ketiga, mendeskripsikanpengaruh penggunaan metode sinektika terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Gunuang Omeh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest and Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Gunuang Omehyang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2021/2022sebanyak 56 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 28 orang siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks puisi sebelum dan sesudah menggunakan model sinektika. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks puisi menggunakan metode sinektika. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks puisi sebelum menggunakan metode sinektikasiswa kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Gunuang Omeh berada pada kualifikasi Hampir Cukup (HC) dengan rata-rata 51,88. Kedua, keterampilan menulis teks puisi sesudah menggunakan metode sinektikasiswa kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Gunuang Omeh berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata 65,54. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H_1) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan(dk)=n- 1 karena ttabel<thitung, yaitu 4,13<1,67. Berdasarkan hasil penelitiandapat disimpulkan bahwa metode sinektika dapat digunakan sebagai salah satu metode pembelajaran alternatif dalam pembelajaran keterampilan menulis teks puisi. Hal ini disebabkan metode ini bisa membuat siswa mejadi lebih aktif dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 07 Sep 2022 01:45
Last Modified: 07 Sep 2022 01:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39445

Actions (login required)

View Item View Item