Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 28 Padang

Ayu, Sisri (2022) Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 28 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
A_01_SISRI_AYU_15016073_2865_2022.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 28 Padang, mendeskripsikan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 28 Padang, mendeskripsikan kontribusi keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 28 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 28 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020, yaitu sebanyak 286 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan proportional random sampling 20% dari populasi, yaitu 54 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi dan skor hasil tes keterampilan menulis teks deskripsi. Data tersebut diperoleh melalui dua jenis tes yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks deskripsi. Hasil penelitian yakni keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 28 Padang berada pada kualifikasi baik (B), keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 28 Padang berada pada kualifikasi baik (B)terdapat kontribusi keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 28 Padang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi berkontribusi terhadap keterampilan menulis teks deskripsi. Semakin baik keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi (X) akan semakin baik pula keterampilan menulis teks deskripsi (Y). Dengan demikian, diperlukan keterampilan membaca pemahaman yang baik agar keterampilan menulis juga baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 07 Sep 2022 01:44
Last Modified: 07 Sep 2022 01:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39442

Actions (login required)

View Item View Item