Nilai-Nilai religiusIslam dalam Novel Karena Halaqah Cinta Ayat 1 Karya Genta Hidayat Tullah dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel di Kelas XII

Rizki, Putri (2022) Nilai-Nilai religiusIslam dalam Novel Karena Halaqah Cinta Ayat 1 Karya Genta Hidayat Tullah dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel di Kelas XII. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
A_01_PUTRI_RIZKI_18016123_2878_2022.pdf

Download (296kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai religius Islam dalam novel Karena Halaqah Cinta Ayat 1 Karya Genta Hidayat Tullah. Jenispenelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pendekatanyangdigunakan dalam penelitian iniadalah pendekatan objektif. Data penelitian ini berupa kata-kata, frasa, kalimat, paragraph, dan wacana yang menampilkan tindakan tokoh, paparan ucapan tokoh dan narrator yang mengindikasikan nilai-nilai religius Islam yang terdapat dalam novel Karena Halaqah Cinta Ayat 1 Karya Genta Hidayat Tullah. Teknik pengumpulan datadalam penelitian ini adalah membaca dan memahami isi novel Karena HalaqahCinta Ayat 1 Karya Genta Hidayat Tullah secara keseluruhan untuk memperolehpemahamanyangjelastentangisinovel,mengidentifikasikandata-datatokohdalamnovel,mengidentifikasidatasatuan-satuanperistiwadalamnovel,danmengklasifikasikan data yang berhubungan dengan nilai-nilai religius Islam dalamnovelKarenaHalaqah CintaAyat 1KaryaGenta Hidayat Tullah. Hasilpenelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai religius Islam yang terkandung dalam novel Karena Halaqah Cinta Ayat 1 Karya Genta Hidayat Tullah mencakup nilai akidah, syariah, dan akhlak. Nilai akidah, peneliti menemukan tiga bagian yaitu Ilahiyat, Nabuwat danSam‘iyat. Nilai syariah, peneliti menemukan tiga bagian, yaitu shalat, berdoa, dan berdzikir. Nilai akhlak, peneliti menemukan empat bagian, yaitu akhlak terhadap Allah, akhlak terhadap diri sendiri, akhlak terhadap keluarga, dan akhlak terhadap lingkungan. Rangkaian peristiwa dalam novel Karena Halaqah Cinta Ayat 1 Karya Genta Hidayat Tullah memiliki 115 jumlah satuan peristiwa total, dan 83 nilai-nilai religius Islam yang ditemukan dari satuan peristiwa total. Berdasarkan hasil penelitian pada novel Karena Halaqah Cinta Ayat 1 Karya Genta Hidayat Tullah dapat disimpulkan bahwa terdapat 83 jumlah satuan peristiwa yang dianalisis. Dalam penelitian ini, nilai-nilai religius Islam, yaitu nilai akidah terdapat 8 satuan peristiwa, syariah terdapat 27 satuan peristiwa, dan nilai akhlak terdapat 48 satuan peristiwa. Nilai religius Islam yang dominan dalam novel Karena Halaqah Cinta Ayat 1 Karya Genta Hidayat Tullah adalah nilai akhlak sebanyak 48 data.Kemudian, hasil penelitian ini dapai diimplikasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia dan pembelajaran lainnya baik di dalam kelas, di luar kelas, maupun dilingkungan masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 07 Sep 2022 01:44
Last Modified: 07 Sep 2022 01:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39440

Actions (login required)

View Item View Item