Korelasi Penguasaan Kosakata Bidang Sastra dan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Padang

Wahyudin, Doni (2022) Korelasi Penguasaan Kosakata Bidang Sastra dan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
A_01_DONI WAHYUDIN(17016012).pdf

Download (79kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan penguasaan kosakata siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang. Ketiga, mendeskripsikan korelasi penguasaan kosakata bidang sastra dan keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2020/2021, yaitu 317 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan proportional random sampling 20% dari populasi, yaitu 50 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes penguasaan kosakata dan skor hasil tes keterampilan menulis teks cerita fantasi. Instrumen penelitian ini yaitu tes objektif untuk mengukur penguasaan kosakata bidang sastra dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks cerita fantasi.Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, penguasaan kosakata siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang berada pada kualifikasi baik (B). Kedua, keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang berada pada kualifikasi baik (B). Ketiga, terdapat korelasi penguasaan kosakata bidang sastra dan keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Pa�dang dengan derajat kebebasan n-1 pada taraf kepercayaan 95%. Nilai thitung (7,69) lebih besar daripada ttabel (1,68) yaitu thitung > ttabel (7,69>1,68) dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penguasaan kosakata bidang sastra berkorelasi dengan keterampilan menulis teks cerita fantasi. Semakin baik penguasaan kosakata semakin baik pula keterampilan menulis teks cerita fantasinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 07 Sep 2022 01:43
Last Modified: 07 Sep 2022 01:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39437

Actions (login required)

View Item View Item