Hubungan Motivasi Belajar dan Dukungan Keluarga terhadap Hasil Belajar pada Mata Diklat Penerapan Rangkaian Elektronika di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Padang

Rahmadanil, Febri (2022) Hubungan Motivasi Belajar dan Dukungan Keluarga terhadap Hasil Belajar pada Mata Diklat Penerapan Rangkaian Elektronika di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_FEBRI_RAHMADHANIL_14065049_1136_2022.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa pada mata diklat penerapan rangkaian elektronika kelas XII TAV di SMK Negeri 5 Padang. Mendeskripsikan dukungan keluarga siswa pada pada mata diklat penerapan rangkaian elektronika kelas XII TAV di SMK Negeri 5 Padang. Mendeskripsikan hasil belajar siswa pada mata diklat penerapan rangkaian elektronika kelas XII TAV di SMK Negeri 5 Padang. Hubungan motivasi belajar siswa dan dukungan teluarga terhadap hasil belajar siswa pada mata diklat penerapan rangkaian elektronika kelas XII TAV di SMK Negeri 5 Padang. Metode penelitian ini adalah menggunakan teknik korelasi berganda. Populasi di dalam penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan elektronik kelas XII TAV berjumlah sebanyak 54 orang. Populasi kurang dari 100 maka semua populasi dijadikan sampel penelitian sebanyak 54 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan menggunakan skala Likert. Teknik pengumpulan data primer dan data sekunder. Teknik analisis data terdiri dari data deskripsi, uji persyaratan dan uji hipotesis. Hasil penelitian menggambarkan bahwa terdapat hubungan yang positif danberarti antara motivasi belajar dengan hasil belajar mata diklat penerapan rangkaian elektronika karena rhitung>rtabel (0,503>0,222). Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara dukungan keluarga dengan hasil belajar mata diklat penerapan rangkaian elektronika karena rhitung>rtabel (0,450>0,222). Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara motivasi belajar dan dukungan keluarga terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,539 dengan ρ = 0,000 < a = 0,05 dan koefisien determinasi (Ry12) sebesar 0,291. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa motivasi belajar dan dukungan keluarga secara bersama-sama berkorelasi secara sangat signifikan dengan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektronika S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 06 Sep 2022 02:14
Last Modified: 06 Sep 2022 02:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39431

Actions (login required)

View Item View Item