The Practicality of Reflective Practice with Video Recording Implemented by English Teachers at Teaching Practice of PPG Program.

Putri, Rizka Hasanah (2022) The Practicality of Reflective Practice with Video Recording Implemented by English Teachers at Teaching Practice of PPG Program. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_RIZKA_HASANAH_PUTRI_17018159_2810_2022.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepraktisan model pembelajaran pada praktik reflektif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini juga merupakan bagian dari metode penelitian dan pengembangan dalam aspek kepraktisan yang merupakan uji lapangan pendahuluan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kepraktisan praktik reflektif dengan perekaman video yang dilaksanakan oleh guru bahasa Inggris pada praktik mengajar program PPG dengan menerapkan model pembelajaran PRP-VR yang telah divalidasi oleh para ahli. Uji kepraktisan ini dilakukan dengan menggunakan indikator Sugiyono. Populasi pada penelitian ini adalah 34 guru Bahasa Inggris pada program PPG dari Universitas Negeri Padang. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling untuk digunakan dalam uji coba terbatas atau Focus Group Discussion. Kemudian, responden yang dipilih pada penelitian ini adalah sebelas guru bahasa Inggris program PPG. Instrumen yang digunakan adalah angket kepraktisan dengan sepuluh butir soal yang juga telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil temuan data dalam penelitian ini yaitu praktik reflektif dengan perekaman video dengan menggunakan model pembelajaran PRP-VR berada pada tataran praktik untuk guru dengan rerata 3.62 yang dapat digunakan untuk refleksi mereka sebelum, selama, setelah atau sesudah pengajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: REFLECTIVE PRACTICE, GURU BAHASA, MODEL PEMBELAJARAN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 06 Sep 2022 02:13
Last Modified: 06 Sep 2022 02:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39427

Actions (login required)

View Item View Item