Strategi Mahasiswa Akhir Sosiologi dalam Menyelesaikan Skripsi di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: Wisudawan Jurusan Sosiologi FIS UNP)

Safitri, Rike Denis (2022) Strategi Mahasiswa Akhir Sosiologi dalam Menyelesaikan Skripsi di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: Wisudawan Jurusan Sosiologi FIS UNP). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_RIKE_DENIS_SAFITRI_17058207_1611_2022.pdf

Download (259kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kendala-kendala pada mahasiswa akhir Sosiologi yang sedang menyelesaikan skripsi dimasa pandemi di Universitas Negeri Padang, untuk menyelesaikan skripsi di masa pandemi, mahasiswa akhir Sosiologi memiliki strategi dalam menyelesaikan skripsi dimasa pandemi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang dilakukan mahasiswa akhir Sosiologi dalam menyelesaikan skripsi di masa pandemi Covid-19 di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Penelitian ini dianalisis dengan mengggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik Purposive Sampling, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis ini data dari Miles dan Huberman yang digunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan, keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teori pilihan rasional dari James Coleman yang berpendapat bahwa tindakan perseorangan mengarah kepada suatu tujuan dan tujuan itu ditentukan oleh nilai atau pilihan. Teori pilihan rasional membahas individu melakukan tindakan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki demi mencapai tujuan tertentu. Pusat tindakan rasional individu kemudian dilanjutkan dengan memusatkan perhatian pada masalah hubungan mikro-makro atau tentang bagaimana cara gabungan tindakan individual memunculkan perilaku sistem sosial, dengan pendekatan yang di teliti yakni: Perilaku Kolektif, Norma, dan Aktor Korporat. Berdasarkan hasil penelitian bahwa strategi yang dipilih mahasiswa akhir Sosiologi dalam menyelesaikan skripsi dimasa pandemi dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki. Straegi dalam menyelesaikan skripsi dimasa pandemi: 1. Menemukan Cara-cara Saat Bimbingan Dengan Dosen Pembimbing , yaitu: a) Beralih Dosen Pembimbing, b)Membuat Rancangan Waktu dalam Menghubungi Dosen Saat Bimbingan Online, dan c) Mencari Peluang Menemui Dosen Pembimbing Saat Bimbingan Offline.2. Strategi yang Berhubungan dengan Skripsi, yaitu: a) Mencari Solusi dengan Melihat Video Pembelajaran diYoutube, b) Berdiskusi dan Meminta Bantuan Teman, c) Strategi Mencari Literatur Secara Online, d) Strategi dalam Mengumpulkan Data Skripsi. 3. Strategi Saat Seminar Proposal Online, 4. Penggunaan Joki atau Jasa Skripsi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SKRIPSI DI MASA PANDEMI
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 Sep 2022 02:13
Last Modified: 06 Sep 2022 02:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39426

Actions (login required)

View Item View Item