Interaksi Sosial Di Dunia Digital (Analisis Wacana Kritis terhadap Kolom Komentar Podcast Close The Door di Channel Youtube Deddy Corbuzier)

Putri, Suci Kurnia (2022) Interaksi Sosial Di Dunia Digital (Analisis Wacana Kritis terhadap Kolom Komentar Podcast Close The Door di Channel Youtube Deddy Corbuzier). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_SUCI_KURNIA_PUTRI_18058248_2676_2022.pdf

Download (362kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi digital, sehingga menyebakan cara berkomunikasi juga mengalami perubahan secara bertahap. Salah satu hal yang mengalami perubahan adalah berkomunikasi di media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap bagaimana pola interaksi digital yang terjadi antara komentator melalui analisis wacana kritis terhadap kolom komentar podcast close the door di channel youtube Deddy Corbuzier. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis wacana kritis. Teori yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini adalah teori analisis wacana kritis model Teun Van Dijk. Pemilihan informan memakai teknik purposive sampling dengan 19 informan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi nonpartisipan, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pergeseran dari interaksi konvensional ke interaksi yang bersifat digital. Salah satu syarat dari interaksi sosial adalah adanya kontak sosial. Dalam penelitian ini peneliti memfokuskan kepada kontak sekunder, di mana kontak sekunder menggunakan perantara untuk berinteraksi. Dalam penelitian ini interaksi digital diperantarai oleh adanya komputer, handphone, dan televisi untuk memengruhi orang dalam berinteraksi. Interaksi digital tersebut dapat dilihat melalui interaksi antar para komentator di podcast tersebut. Pola interaksi sosial yang terjadi adalah bersifat dissosiatif, di mana terjadi kontravensi antar para komentator yang terbagi ke dalam dua kubu. Kemudian, hasil analisis wacana kritis menunjukkan terdapat sebuah wacana yang mempresentasikan teks yang ditulis oleh salah satu komentator yang menggambarkan konspirasi kepentingan antara para komentator dalam podcast tersebut. Pada level kognisi sosial bagaimana para komentator menggunakan ideologinya. Sementara itu, pada tataran konteks sosial mengindikasikan bahwasanya wacana yang berkembang seputar Pemilu 2019 seperti persaingan antar kubu, politik identitas, politisasi agama, dan hal lainnya yang memengaruhi kognisi sosial komentator.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Sep 2022 07:23
Last Modified: 05 Sep 2022 07:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39420

Actions (login required)

View Item View Item