Perancangan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Dalam Penentuan Uang Kuliah Tunggal Mahasiswa Berbasis Web

Sabrina, Elsa (2022) Perancangan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Dalam Penentuan Uang Kuliah Tunggal Mahasiswa Berbasis Web. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_ELSA_SABRINA_17076034_1583_2022.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal yang penting bagi kemajuan suatu bangsa, karena kemajuan dan perkembangan bangsa dapat diukur dari kualitas tingkat pendidikan serta tingkat sumber daya manusianya. Pada tahun 2013 pemerintah mulai mengupayakan pemerataan pendidikan di perguruan tinggi negeri dengan menerapkan sistem pembayaran baru yang disebut dengan uang kuliah tunggal. Uang kuliah tunggal merupakan penerapan dari sistem subsidi silang yang mana mahasiswa dengan tingkat ekonomi yang tinggi akan mensubsidi mahasiswa yang memiliki tingkat ekonomi yang rendah. Hal ini bertujuan agar mahasiswa miskin dapat melanjutkan studi di perguruan tinggi negeri tanpa adanya kendala karena faktor ekonomi. Universitas Negeri Padang masih menggunakan sistem manual pada proses pengelompokkan UKT tersebut dengan melakukan proses wawancara. Guna menanggulangi masalah yang ada, maka dibutuhkanlah sebuah aplikasi sebagai pendukung keputusan untuk mengelompokkan UKT yang mampu memberikan solusi dalam pengelompokkan UKT tersebut. Tahapan dalam penelitian ini dimulai analisa masalah, analisa kebutuhan, implementasi dan pengujian. Penentuan kriteria berdasarkan sejumlah kriteria dan sejumlah alternatif. Hasil dari penelitian ini sistem memberikan rangking tiap alternatif. Rangking tertinggi menjadi prioritas utama pada sistem dalam menentukan keputusan dengan melihat keadaan ekonomi mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 05 Sep 2022 07:23
Last Modified: 05 Sep 2022 07:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39415

Actions (login required)

View Item View Item