Implikasi Pembangunan Lokasi Wisata Bukik Cinangkiak bagi Pembangunan Berkelanjutan di Kabupaten Solok (studi keberlanjutan aspek lingkungan pada pembangunan pariwisata)

Alviorita, Regina (2022) Implikasi Pembangunan Lokasi Wisata Bukik Cinangkiak bagi Pembangunan Berkelanjutan di Kabupaten Solok (studi keberlanjutan aspek lingkungan pada pembangunan pariwisata). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_REGINA_ALVIORITA_14042109_2945_2022.pdf

Download (366kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implikasi Pembangunan Lokasi Wisata Bukik Cinangkiak Bagi Pembangunan Berkelanjutan Di Kabupaten Solok (Studi Keberlanjutan Aspek Lingkungan Pada Pembangunan Pariwisata). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan tipe deskriptif kualitatif. Dalam menentukan informan dengan menggunakan metode dan teknik purposive sampling. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah reduksi data, kemudian penyajian data dan verifikasi serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Pembangunan objek wisata Bukik Cinangkiak masih terus dilakukan dengan upaya pembangunan sarana prasarana dan pengembangan objek wisata bukik cinangkiak yang dulunya merupakan warga nya petani setelah masuknya industi pariwisata sekarang menjadi desa wisata. Pembangunan pariwisata yang dilakukan berdampak pada aspek ekonomi dan lingkungan bagi masyarakat. Dampak tersebut berupa dampak positif yaitu Terbukanya lapangan kerja baru,berkurangnya tingkat pengangguran,meningkatkan pendapatan dan masyarakat,membantu menanggung beban pembangunan sarana dan prasarana setempat. Sedangkan Dampak pengelolaan sumber daya alam terhadap kelestarian lingkungan hidup dalam proses pembangunan objek wisata bukik cinnagkiak. Tidak ada dampak yang terjadi pada pegelolaan sumber daya alam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBANGUNAN BERLANJUT , PEMBANGUNAN PARIWISATA
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Sep 2022 07:21
Last Modified: 05 Sep 2022 07:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39409

Actions (login required)

View Item View Item