Orang Minangkabau dalam Tradisi Rewang dan Nyumbang Suku Bangsa Jawa : Studi Etnografi di Jorong Pujorahayu Nagari Koto Baru Kabupaten Pasaman Barat

Ningsih, Ratih Purwati (2022) Orang Minangkabau dalam Tradisi Rewang dan Nyumbang Suku Bangsa Jawa : Studi Etnografi di Jorong Pujorahayu Nagari Koto Baru Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_RATIH_PURWATI_180558235_3454_2022.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang bagaimana pertukaran orang Minang dan Jawa dalam tradisi rewang dan nyumbang suku bangsa Jawa di Jorong Pujorahayu Nagari Koto Baru Kabupaten Pasaman Barat. Tradisi rewang dan nyumbang di Jorong pujorahayu tidak hanya dilakukan oleh masyarakat bersuku bangsa Jawa saja, tetapi juga masyarakat bersuku bangsa Minang yang tinggal disana. Hal ini menjadi menarik karena tradisi rewang dan nyumbang sejatinya adalah tradisi masyarakat Jawa. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode etnografi. Pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling, dan data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan studi dokumen. Untuk mendapatkan keabsahan data dipilih teknik triangulasi sumber. Analisis ini didasarkan pada model analisis etnografi. Hasil penelitian ini menunjukan bagaimana pertukaran yang terjadi memiliki bentuk dan fungsi di dalamnya, pertukaran yang terjadi juga mengharapkan balasan dan tidak dilakukan secara Cuma-Cuma. Penelitian ini juga menunjukan bagaimana kerjasama yang terjadi antara masyarakat bersuku bangsa Jawa dan Minang dalam tradisi rewang dan nyumbang, dimana masyarakat berbaur dan saling tolong menolong dalam pelaksanaan rewang dan nyumbang. Dalam tradisi rewang dan nyumbang juga terdapat sanksi sosial yang diberikan kepada masyarakat yaitu berupa sepinya sebuah hajatan atau acara dari orang-orang yang datang menyumbang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TRADISI REWANG DAN NYUMBANG, STUDI ETNOGRAFI
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Sep 2022 07:21
Last Modified: 05 Sep 2022 07:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39407

Actions (login required)

View Item View Item