Persepsi Mahasiswa Sejarah terhadap Pembelajaran Online (Studi Kasus Jurusan Sejarah FIS 2021)

Danitos, Rahma (2022) Persepsi Mahasiswa Sejarah terhadap Pembelajaran Online (Studi Kasus Jurusan Sejarah FIS 2021). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_RAHMA_DANITOS_17046028_181_2022.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya mahasiswa yang mengalami permasalahan terhadap pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana persepsi mahasiswa sejarah terhadap pembelajaran online di jurusan Sejarah Fakultas Ilmu sosial. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket yang terdiri dari 25 item pernyataan yang meliputi indikator karakteristik, kelebihan, kelemahan, dan kendala dalam pembelajaran online. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 478 mahasisiwa. Dengan teknik penarikan sampel menggunakan proporsional random sampling dengan jumlah responden sebanyak 71 mahasiswa tahun masuk 2018, 2019, 2020. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deksriptif dengan teknik persentase. Berdasarkan analisis data yang telah diperoleh, ditemukan bahwa persepsi mahasiswa terhadap indikator karakteristik, kelebihan, kekurangan, dan kendala dalam pembelajaran online dinyatakan positif (68%) dan negatif (32%). Jika dilihat dari masing-masing indikator memiliki persepsi yang berbeda yaitu pada indikator karakteristik pembelajaran online dan indikator kelebihan pembelajaran online mahasiswa tidak memiliki persepsi negatif, dapat dinyatakan bahwa mahasiswa tidak memiliki permasalahan. Namun, sebagian mahasiswa masih ada yang menilai persepsi negatif (32%). Persepsi negatif tersebut terdapat pada indikator kelemahan pembelajaran online dan indikator kelemahan pembelajaran online terkait dengan kegiatan-kegiatan berikut: Mahasiswa merasa kurang berinteraksi dengan dosen (59%), mahasiswa merasa tidak termotivasi selama perkuliahan online (59%), selama perkuliahan online sering merasa kelelahan karena tugas terlalu banyak (57%), banyak menghabiskan kuota internet (58%), kesulitan menyelesaikan tugas karena tidak paham materi (60%), (6) mencari jaringan internet (58%). Dapat dikatakan mahasiswa jurusan sejarah belum puas dengan pembelajaran online di jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial. Berdasarkan uraian kegiatan diatas dapat disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa secara keseluruhan terhadap pembelajaran online di jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dinyatakakan sudah bagus. Namun dilihat perindikator masih ada mahasiswa menilai negatif, untuk itu tetapi perlu ditingkatkan lagi persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran online

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN ONLINE
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Sep 2022 07:21
Last Modified: 05 Sep 2022 07:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39406

Actions (login required)

View Item View Item