Pengaruh Penggunaan Gambar Berurut Digital Terhadap Kemampuan Siswa dalam Menulis Teks Eksplanasi: Penelitian Eksperimental Di Sma N 1 Lengayang.

Fadila, Meisyani Gustri (2022) Pengaruh Penggunaan Gambar Berurut Digital Terhadap Kemampuan Siswa dalam Menulis Teks Eksplanasi: Penelitian Eksperimental Di Sma N 1 Lengayang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_MEISYANI_GUSTRI_FADILA_18018016_2871_2022.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan gambar berurut digital terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi. Sesuai dengan tujuan penelitian, penelitian ini menggunakan rancangan experimental sungguhan. Dalam penelitian ini terdapat dua kelas yang akan dibandingkan yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 1 Lengayang dan pengambilan sampelnya menggunakan teknik cluster random sampling. Dalam konteks ini, XI.IPA 1 menjadi kelas eksperimen dan XI.IPA 2 menjadi kelas kontrol. Dalam pengumpulan data, peneliti memberikan tes eksplanasi tertulis sebagai instrumen penelitian ini. Setelah itu, data dianalisis dengan uji t sampel berpasangan dan hasil uji t sampel berpasangan menyatakan bahwa nilai tanda 2-tailed adalah 0,000 yang berarti nilai tanda tersebut. 2-tailed lebih rendah dari 0,05 sehingga hipotesis alternatif atau hipotesis pertama dapat diterima. Kesimpulannya, berdasarkan hasil data menunjukkan bahwa ada pengaruh yang baik terhadap keterampilan menulis siswa secara kuantitatif. Hasil ini membuktikan bahwa penggunaan gambar urut digital berdampak baik pada siswa ketika diberikan tes menulis yang berbebtuk teks eksplanasi seperti siswa dapat mengembangkan ide dengan sangat baik dan menyusunnya dengan penggunaan tata bahasa yang benar. Hasilnya, gambar berurut digital disarankan untuk digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TULISAN, TEKS EKSPLANASI, GAMBAR DIGITAL
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 05 Sep 2022 07:20
Last Modified: 05 Sep 2022 07:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39405

Actions (login required)

View Item View Item