Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal) Pelaksanaan Protokol Kesehatan (3 M) pada Mahasiswa FIS UNP Selama Pandemi Covid- 19

Samsuddin, Samsuddin (2022) Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal) Pelaksanaan Protokol Kesehatan (3 M) pada Mahasiswa FIS UNP Selama Pandemi Covid- 19. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_SAMSUDDIN_17058042_1444_2022.pdf

Download (405kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya Fenomana bencana non alam, dalam proses itu segala bentuk aktivitas masyarakat dialihkan melalui daring (dalam jaringan). Lembaga pendidikan dalam proses itu juga mengalami hal yang sama, biasanya pembelajaran dilakukan secara tatap muka (luring), kemudian pasca pandemi Covid-19 pembelajaran dialihfungsikan melalui basis daring. Selang beberapa semester pemeritah memberikan paduan normal baru, dalam proses ini Universitas Negeri Padang juga menerapkan hal yang sama, setiap dosen dan para mahasiswa diwajibkan mematuhi normal baru dengan aturan protokol kesehatan agar dapat beraktivitas di kampus yang tujuannya untuk meminimalisir penularan Covid-19. Teori yang digunakan dalam penelitian adaptasi pendekatan Robert K. Merton. Asumsi dasar dari teori tipologi Merton ini adalah bahwa anomie tidak akan muncul sejauh masyarakat menyediakan sarana kelembagaan untuk mencapai tujuan-tujuan kultural tersebut. Teori tipologi adapatasi ini digunakan untuk menjelaskan interaksi para mahasiswa FIS UNP saat melakukan adaptasi kebiasaan baru di kampus. Menganalisis realitas yang terjadi pada mahasiswa, dengan cara mengamati aktivitas sehari-hari para mahasiswa saat menerapkan protokol kesehatan (3M) seperti, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara yang dilakukan langsung antara pewawancara dan terwawancara, serta studi dokumentasi. Teknik analisis data dari Miles dan Huberman yang digunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Penelitian ini dianalisis dengan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian fenomenologi. Teknik pemilihan informan yaitu purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 16 orang. Hasi penelitian yang diperoleh diantaranya, dalam proses pelaksanaan adaptasi kebiasan pada mahasiswa dengan menerapkan protokol kesehatan belum terlaksana dengan semestinya. Para mahasiswa belum bisa beradaptasi dengan kondisi pandemi, masih ditemukan yang tidak memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan, disebabkan oleh adanya pemikiran yang pragmatis, sehingga membuat mahasiswa berperilaku secara ritualisme, retreatisme dan rebellion dalam melaksanakan protokol kesehatan pada saat berada di kampus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 02 Sep 2022 07:42
Last Modified: 02 Sep 2022 07:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39401

Actions (login required)

View Item View Item