Pertanyaan Tradisional (Riddles) Masyarakat Desa Pulau Aro Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau.

Regina, Silvya (2022) Pertanyaan Tradisional (Riddles) Masyarakat Desa Pulau Aro Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_SILVYA_REGINA_18017051_662_2022.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan struktur pertanyaan tradisional (riddles) masyarakat Desa Pulau Aro Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau, (2) mendeskripsikan kategori pertanyaan tradisional (riddles) masyarakat Desa Pulau Aro Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau, dan (3) mendeskripsikan fungsi sosial pertanyaan tradisional (riddles) masyarakat Desa Pulau Aro Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah pertanyaan tradisional (riddles) masyarakat Desa Pulau Aro Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau. Pengumpulan data dari informan dilakukan melalui dua tahap yaitu perekaman pertanyaan tradisional (riddles) dan pengumpulan data tentang lingkungan penceritaan. Analisis data dilakukan dengan empat tahapan (1) tahap transkripsi data, (2) tahap klasifikasi data, (3) tahap pembahasan dan penyimpulan hasil klasifikasi atau analisis, dan (4) tahap pelaporan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan hal-hal berikut: (1) struktur pertanyaan tradisional (riddles) masyarakat Desa Pulau Aro Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau terdiri atas unsur pelukisan (descriptive) dan jawaban (referent) yang digolongkan ke dalam dua kategori yaitu: (a) pertanyaan tradisional (riddles) yang bertentangan, dan (b) pertanyaan tradisional (riddles) yang tidak bertentangan. (2) kategori pertanyaan tradisonal (riddles) masyarakat Desa Pulau Aro Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau terdiri atas: (a) persamaan dengan manusia, (b) persamaan dengan binatang, (c) persamaan dengan tanaman, (d) persamaan dengan benda mati, dan (e) persamaan dengan warna. (3) fungsi sosial pertanyaan tradisional (riddles) masyarakat Desa Pulau Aro ditemukan untuk menguji kepandaian seseorang dan sebagai hiburan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TRADISIONAL, BAHASA RIAU, SOSIAL MASYARAKAT
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GR Folklore
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 31 Aug 2022 02:41
Last Modified: 31 Aug 2022 02:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39375

Actions (login required)

View Item View Item