Pengelolaan Pembelajaran oleh Mahasiswa PLK Jurusan Pendidikan Sejarah pada Masa Pandemi Covid-19

Fitri, Melina Dewi (2022) Pengelolaan Pembelajaran oleh Mahasiswa PLK Jurusan Pendidikan Sejarah pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_MELINA_DEWI_FITRI_17046118_451_2022.pdf

Download (553kB) | Preview

Abstract

Salah satu dampak pandemi Covid-19 bagi dunia pendidikan adalah pembelajaran dilakukan secara daring (online). Mahasiswa PLK yang mengikuti kegiatan praktek disekolah jugaa ikut melaksanakan pembelajaran secara daring, namun disisi lain mereka belum ada persiapan untuk melaksanakan pembelajaran secara daring, karena pada di bangku perkuliahan seperti micro teaching mahasiswa belajar dan berlatih untuk mengelola pembelajaran secara tatap muka. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian deskriptif kualitatif.Informan utama dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Sejarah UNP angkatan 2017 dan 2018 sebanyak 28 orang dan ada beberapa siswa dari sekolah mitra PLK sebagai informan tambahan. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan mahasiswa PLK Sejarah UNP tentang pengelolaan pembelajaran daring serta problematika yang dialami dalam pelaksanaan pembelajaran daring tersebut. Wawancara juga dilakukan dengan beberapa siswa dari sekolah tempat mahasiswa melakukan PLK. Data yang didapatkan juga diperkuat dengan studi analisis dokumen yag berhubungan dengan pelaksanaan pembelajaran daring oleh mahasiswa PLK. Data yang sudah dikumpulkan dianalis menggunakan teknik analisis deskriptif model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswa Sejarah UNP dalam kegiatan PLK terdiri tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. Pada tahap persiapan pembelajaran daring mahasiswa PLK menyusun semua perangkat (RPP, silabus, bahan ajar, media) serta menentukan aplikasi yang akan digunakan dalam pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran daring dimulai dengan membuka pembelajaran, kemudian membagikan bahan ajar di aplikasi pembelajaran dilanjutkan dengan kegiatan diskusi dan tanya jawab.Penilaian hasil belajar dilakukan melalui kuis dan penilaian tugas siswa. Problematika pengelolaan pembelajaran daring yang dialami mahasiswa adalah kurangnya partisipasi siswa, tingkat pemahaman siswa kurang serta kesulitan dalampenilain sikap siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN DARING, PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DARING, PRAKTEK LAPANGAN KEPENDIDIKAN
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 29 Aug 2022 07:46
Last Modified: 29 Aug 2022 07:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39370

Actions (login required)

View Item View Item