Pelaksanaan Pembelajaran Secara Daring Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Nan Sabaris.

Mulyani, Sri (2022) Pelaksanaan Pembelajaran Secara Daring Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Nan Sabaris. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_SRI_MULYANI_18016092_871_2022.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari sistem pendidikan di Indonesia telah melakukan upaya penanggulangan covid-19 di lingkungan pendidikan dengan baik, seperti menerapkan pembelajaran secara daring. Pelaksanaan pembelajaran secara daring dapat menjadi solusi dalam membantu proses belajar mengajar di sekolah. Pembelajaran daring identik dengan pemanfaatan fitur teknologi berbasis internet, yang sangat tergantung pada ketersediaan teknologi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hal-hal berikut. Pertama, untuk mendeskripsikan cara guru dalam mempresentasikan pembelajaran secara daring mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Nan Sabaris. Kedua, untuk mendeskripsikan cara guru berinteraksi dalam proses pembelajaran secara daring mata pelajaran bahasa Indonesia. Ketiga, mendeskripsikan pengevaluasian pembelajaran secara daring mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Nan Sabaris. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data kualitatif pada penelitian ini dilengkapi dengan data kuantitatif. Data kualitatif akan diperoleh dari hasil teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan data kuantitatif akan diperoleh dari hasil angket. Sumber data dalam penelitian ini adalah dua orang guru mata pelajaran bahasa Indonesia, kepala sekolah, dan 30 orang siswa SMA Negeri 1 Nan Sabaris. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri untuk data kualitatif dan untuk instrumen data kuantitatif adalah angket. Data dianalisis dengan mendeskripsikan, menganalisis, dan membahas data berdasarkan teori. Teori yang digunakan terkait dengan teori pembelajaran daring dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, presentasi pembelajaran secara daring mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Nan Sabaris dapat dikatakan atau dikategorikan baik dari segi pembelajaran secara daring. Guru mata pelajaran bahasa Indonesia sudah memperlihatkan usahanya terkait dengan aspek presentasi pembelajaran secara daring. Hal ini terlihat dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, untuk presentasi pembelajaran secara daring, tingkat kualifikasi SMA Negeri 1 Nan Sabaris berada pada kualifikasi baik, sedangkan dari segi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berada pada kualifikasi baik karena sudah dibuat berdasarkan RPP pembelajaran secara daring. Kedua, interaksi pembelajaran secara daring, tingkat kualifikasi SMA Negeri 1 Nan Sabaris berada pada kualifikasi cukup. Ketiga, evaluasi pembelajaran secara daring, tingkat kualifikasi SMA Negeri 1 Nan Sabaris sudah baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran secara daring mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Nan Sabaris sudah terlaksana namun belum maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN DARING, BAHASA INDONESIA, MEDIA PEMBELAJARAN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 25 Aug 2022 07:08
Last Modified: 25 Aug 2022 07:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39346

Actions (login required)

View Item View Item