Pengembangan Tes lndeks Kewirausahaan Mahasiswa

Haryadi, Haryadi (2021) Pengembangan Tes lndeks Kewirausahaan Mahasiswa. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_HARYADI_15193009_5976_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana menemukan mahasiswa yang berpotensi untuk menjadi seorang wirausaha dengan melihat ciri­ ciri atau karakteristik aspek kepribadian kewirausahaan yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan ini untuk mengembangkan tes indeks kewirausahaan mahasiswa dengan sistem Computer Adaptive Test (CAT). Produk penelitian ini adalah sebuah tes indeks kewirausahaan berupa buku tes, sistem aplikasi (software) CAT, buku panduan penggunaan aplikasi, semua produk yang dihasilkan sudah diuji validitas, reliabilitas. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dan prosedur pengembangan tes indeks kewirausahaan mengikuti tahap­tahap model pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi dengan empat tahapan yaitu penelitian pendahuluan, desain, pengembangan dan implementasi. Penelitian R&D dilaksanakan pada program studi S 1 Pendidikan Akuntansi dengan jumlah sampel 190 orang mahasiswa. Data dikumpulkan untuk analisis kebutuhan dengan penyebaran instrumen analisis kebutuhan, diskusi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis Validasi isi instrumen dilakukan dengan expert judgement menggunakan formula Aiken'V. Validasi konstruk butir tes dilakukan dengan Confirmatory Factor Analysis (CFA) dan reliabilitas butir ditentukan dengan Construct Reliability (CR) dan Variance Extracted (VE) menggunakan bantuan program komputer SPSS.22. Uji kecocokan model dengan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan program LISREL 8.80, taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tes indeks kewirausahaan dapat digunakan untuk mengukur indeks kewirausahaan mahasiswa berdasarkan karakteristik kepribadian kewirausahaan pada dimensi sikap kewirausahaan, pemikiran kewirausahaan dan perilaku kewirausahaan, 2) luaran (output) adalah sebuah tes indeks kewirausahaan dengan aplikasi CAT, 3) mampu menghasilkan persentase nilai indeks yang tinggi untuk dijadikan sebagai dasar untuk melakukan pemetaan demi memberikan bimbingan atau pelatihan yang berkaitan dengan peningkatan atau penguatan mental dan karakteristik kepribadian mahasiswa untuk memulai suatu usaha, 4) respon program studi terhadap pengembangan tes indeks kewirausahaan mahasiswa memberikan pengetahuan barn dalam mencari calon­calon wirausaha, (=5) pemanfaatan sistem aplikasi Computer Adaptive Test yang dapat diakses secara online melalui website dengan perangkat komputer maupun smartphone.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 25 Aug 2022 07:07
Last Modified: 25 Aug 2022 07:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39338

Actions (login required)

View Item View Item