Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Multikultural Menggunakan Pendekatan Open Ended Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar

Antosa, Zariul (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Multikultural Menggunakan Pendekatan Open Ended Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_ZAIRUL_ANTOS_1104331_1409_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dewasa ini ditemukan keterbatasan kelengkapan bahan ajar pada materi pelajaran SBDP di SD. Penelitian ini dilakukan untuk: 1) Mengembangkan lembar kegiatan peserta didik berbasis mulrikultural dengan pendekatan Open Ended bagi pembelajaran tematik di Sekolah Dasar 2) Menghasilkan Lembar Kegiatan Peserta Didik berbasis multikultural menggunakan pendekatan open ended yang tepat, sesuai dan dapat digunakan pada pembelajaran seni budaya dan prakarya di Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model four D Models. Data penelitian dikumpulkan dengan angket validasi dan lembar observasi, angket respun serta lembar test digunakan pada uji praktikalitas. Rancangan produk divalidasi oleh oleh enam orang validator ahli meliputi ahli bahasa, ahli pendidikan dan ahli materi. Validasi instrumen dilakukan dengan analisis statistik. Berdasarkan hasil validasi pengembangan dilanjutkan dengan uji praktikalitas produk pada subjek penelitian yaitu siswa Sekolah Dasar Negeri kelas IV yang terdapat dikota Pekanbaru. Sampel uji coba penelitian diambil secara random terdiri 19 siswa Sekolah Dasar Negeri 105 dan 16 Sekolah Dasar Negeri 136 Pekanbaru sebagai sekolah yang berada di pusat kota, 20 siswa Sekolah Dasar Negeri 182 dan 18 siswa Sekolah Dasar Negeri 147 yang berada diluar kota. Uji coba dilakukan melalui eksperimen kuasi One Group Pretest and Posttest Design (Satu Kelompok Pretest-Posttest). Analisis data penelitian dilakukan melalui analisis statistik. Hasil penelitian pengembangan terangkum dalam produk buku model pembelajaran dengan lembar kerja peserta didik multikutural menggunakan pendektan Open-Ended, buku model dan petunjuk guru yang valid.. Produk yang dihasilkan praktis, dan layak digunakan dalam pembelajaran serta berkonstribusi positif terhadap pemahaman siswa dengan kemampuan berfikir tingkat tinggi

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 25 Aug 2022 07:06
Last Modified: 25 Aug 2022 07:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39337

Actions (login required)

View Item View Item