Model Problem Based Learning by using Mind Mapping pada Mata Kuliah Etika dan Hukum Kesehatan di FKM UNAND Padang

Siswati, Sri (2022) Model Problem Based Learning by using Mind Mapping pada Mata Kuliah Etika dan Hukum Kesehatan di FKM UNAND Padang. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_SIR_SISWANTI_18193003_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tantangan dunia kerja di Era Revolusi Industri 4.0 yang dipercepat oleh pandemi covid-19, membutuhkan lulusan yang memiliki kompetensi 4C serta kemampuan berfikir High Order ThinkingSkill. Perkuliahan di Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat pada mata kuliah Etika Hukum Kesehatan belum mampu mengakomodasi kebutuhan akan capaian pembelajaran yang memenuhi kompetensi 4C serta kemampuan berfikir HOTS tersebut dengan baik. Sedangkan Lulusan sarjana Kesehatan masyarakat seharusnya mampu dan berfikir kreatif, inovatif serta terampil dalam mencarikan solusi- solusi masalah aktual dalam masyarakat, seperti adanya wabah pandemi Dari analisis pendahuluan, perlu dikembangkannya model pembelajaran Problem Based Leaming by usingMind Mapping agar mampu memperbaiki capaian pembelajaran mata kuliah Etika dan Hukum Kesehatan yang berkompetensi 4C serta HOTS tersebut. Penelitian mt merupakan penelitian Research and Development menggunakan metode pengembangan ADDIE. Untuk memastikan apakah model yang dikembangkan ini baik, khususnya mata kuliah Etika dan Hukum Kesehatan, maka dilakukan uji validitas, uji praktikalitas, dan uji efektifitas model dalam bentuk Focus Group Discussion. Uji validitas model dilakukan melalui penilaian pakar atau ahli dalam bidangnya masing-masing, yaitu; 1) Pakar Bahasa, 2) Pakar Model, 3) Pakar Konten, 4) Pakar PTK, dan 5) Pakar Evaluasi. Uji praktikalitas dilakukan pakar, Dosen Sejawat, dan Mahasiswa. Sedangkan Uji Efektifitas dilakukan melalui uji coba terbatas pada mahasiswa dengan kelas eksperimen dan kontrol. Penelitian uji coba menggunakan jenis penelitian pretest-treatment- posttest. Mengambil kesimpulan dilakukan analisis statistik Uji Beda terhadap nilai posttest kelas eksperimen dengan kontrol, serta gain score antara nilai posttest dengan pretest kelas eksperimen. Dari hasil pengembangan model Problem Based Learning by using Mind Mapping diperoleh sintaks model 8 langkah. Selanjutnya setelah validitas model, diperoleh nilai rata-rata 4,48 dari skala 5, artinya model valid. Begitu juga penilaian praktikalitas oleh para pakar mendapat rata-rata 4,49, dari Dosen sejawat mendapat nilai 4,52 dan dari mahasiswa mendapat nilai 4,57. Disimpulkan bahwa model sangat praktis. Selanjutnya efektifitas analisis terhadap nilai Pretest dan Posttest kedua kelas. Melalui uji-T diketahui bahwa terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara nilai posttest Eksperimen dengan Kontrol pada tingkat kepercayaan 95% dimana kelas eksperimen 82, 73 dan kelas kontrol 69,51. Nilai pretest kelas kontrol 58, 10 dan kelas eksperimen 60,54. Hasil dari Gain score pretest dan posttest kelas eksperimen adalah 60,54 pretest dan 82, 73 Posttest. Artinya implementasi model Problem Based Learning by using Mind Mapping efektif meningkatkan hasil pembelajaran.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S3
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 25 Aug 2022 07:06
Last Modified: 25 Aug 2022 07:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39334

Actions (login required)

View Item View Item