Pengembangan Model Pembelajaran Seni Lukis Dasar IASEE Berbasis Glass Box

Nelson, Nelwandi (2022) Pengembangan Model Pembelajaran Seni Lukis Dasar IASEE Berbasis Glass Box. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_NELWANDI_NELSOSN_16169025_1740_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya penggunaan model pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan kreativitas mahasiswa secara rasional dan logis untuk menciptakan karya lukis pada pembelajaran seni lukis dasar di Perguruan Tinggi Tujuan penelitian adalah mengembangkan Model Pembelajaran Seni Lukis Dasar IASEE Berbasis Glass Box yang valid, praktis dan efektif Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D (four D models), tahap-tahap yaitu: (1) pendefinisian (define), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (develop), dan (4) penyebaran (disseminate). Subjek penelitian adalah mahasiswa prodi pendidikan seni rupa FBS Universitas N egeri Padang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen dalam bentuk wawancara, angket, dan tes untuk memperoleh validitas, praktikalitas, dan efektivitas dari model yang dikembangkan Data yang terkumpul lalu dianalisis validitas, praktikalitas, dan efektivitasnya dengan menggunakan rumus yang telah ditentukan. Hasil pengembangan Model Pembelajaran Seni Lukis Dasar IASEE Berbasis Glass Box berupa produk, yaitu (1) Buku Model, (2) Buku petunjuk dan (3) modul pembelajaran. Setelah melalui proses pendefinisian, perancangan, dan pengembangan model diperoleh hasil penelitian dalam bentuk Model Pembelajaran yang memenuhi unsur validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Model Pembelajaran Seni Lukis Dasar IASEE Berbasis Glass Box ini sudah dideseminasi pada mahasiswa seni rupa ISi Padang Padang.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Keguruan Bahasa-S3
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 25 Aug 2022 07:05
Last Modified: 25 Aug 2022 07:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39331

Actions (login required)

View Item View Item