Pengembangan Model Pembelajaran Koreografi berbasis Kreatif Produkti

Hamsidar, Hamsidar (2022) Pengembangan Model Pembelajaran Koreografi berbasis Kreatif Produkti. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_HAMSIDAR-15169040_1305_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kelas koreografi terdiri dari mahsiswa yang kemampuan awalnya tidak merata, maka kualitas kreativitasnya dan produktivitasnya juga tidak merata, malah tidak akan muncul dalam memproduksi karya tarinya. Karena input mahasiswa yang ada di kelas koreografi berasal dari SMA dan SMK, secara pasti memiliki latar belakang ketrampilan seni yang berbeda. Lulusan sekolah umum dan kejuruan memiliki daya tangkap dan imajinasi seni yang sangat beragam dan menjadi beban kerja yang cukup berat bagi dosen, bagaimana memotivasi mahasiswa tersebut sehingga dia mencapai kemampuan yang merata. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Model Pembelajaran yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah pengembangan model 4-D. Pengembangan model 4-D memiliki empat tahap utama yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Metode dan model ini dipilih karena bertujuan untuk menghasilkan Pengembangan Model Pembelajaran Koreografi berbasis Kreatif Produktif. Dari basil penelitian diperolch suatu model pembelajaran berbasis projek untuk Pembelajaran Koreografi berbasis Kreatif Produktif. Model Pembelajaran Koreografi berbasis Kreatif Produktif yang dikembangkan telah mcmenuhi aspek validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Tingkat validitas Buku Model Pembelajaran Koreografi berbasis Kreatif Produktif yaitu 0,72 dan berkategori valid. Tingkat validitas Buku Dosen Pembelajaran Koreografi berbasis Kreatif Produktif yaitu 0,87 dan berkategori sangat valid. Tingkat validitas Buku Mahasiswa Pembelajaran Koreografi berbasis Kreatif Produktif yaitu 0,76 dan berkategori valid. Uji coba praktikalitas mendapatkan basil yaitu tingkat praktikalitas buku dosen menurut dosen dalam persentase yaitu 70, 73 dan berkategori praktis. Sedangkan tingkat praktikalitas dari buku model dalam persentase adalah 70,56 dan berkategori praktis. Berdasarkan basil tersebut produk penelitian tersebut telah mudah digunakan karena sudah memenuhi kriteria praktikalitas. Hasil uji efektivitas, bila dilihat dari rata-rata seperti pada lampiran excel diketahui bahwa rata-rata nilai post test lebih tinggi dibandingkan dengan pre test, dimana rata-rata nilai post test sebesar 76, 25 dan rata-rata nilai pre test sebesar 64,5 sehingga dapat dikatakan terjadi peningkatan nilai mahasiswa sebelum dan sesudah penerapan Model Pembelajaran Koreografi berbasis Kreatif Produktif

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S3
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 25 Aug 2022 07:05
Last Modified: 25 Aug 2022 07:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39330

Actions (login required)

View Item View Item