Struktur, Isi, dan Penerapan EBI Teks Cerita Fantasi Karya Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Padang.

Salsabilla, Ratu Salma (2022) Struktur, Isi, dan Penerapan EBI Teks Cerita Fantasi Karya Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_RATU_SALMA_SALSABILLA_18016036_2989_2022.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tiga hal berikut. Pertama, mendeskripsikan kecenderungan struktur yang digunakan dalam teks cerita fantasi karya siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Padang. Kedua, mendeskripsikan kecenderungan isi yang digunakan dalam teks cerita fantasi karya siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Padang. Ketiga, mendeskripsikan kecenderungan penerapan EBI yang digunakan dalam teks cerita fantasi siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Padang. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 7 Padang dengan mendeskripsikan struktur, isi, dan penerapan EBI yang terdapat dalam teks cerita fantasi karya siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Padang. Data penelitian ini berupa teks-teks cerita fantasi yang diperoleh dari sumber data penelitian, yaitu dokumentasi hasil tugas latihan menulis siwa yang berjumlah sebanyak 25 teks cerita fantasi. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan mendeskripsikan, menganalisis, dan membahas data berdasarkan teori. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan tiga hal. Ketiga hal tersebut adalah sebagai berikut. Pertama, dalam menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang telah menggunakan ketiga bagian struktur teks cerita fantasi. Ketiga struktur teks cerita fantasi tersebut, yaitu orientasi, komplikasi, dan resolusi. Hal itu terbukti dari 25 teks cerita fantasi yang dianalisis, terdapat 22 teks cerita fantasi memiliki struktur yang lengkap. Kedua, jika dilihat dari isi ditemukan kecenderungan dalam penulisan sebagai berikut. Tema yang digunakan cenderung kepada tema magic. Tokoh dan penokohan yang digambarkan sudah menggunakan dua tokoh, yaitu tokoh yang tidak memiliki kesaktian dan tokoh yang memiliki kesaktian (tokoh unik). Latar yang digunakan secara keseluruhan masih meniru dari model yang diberikan ketika memberikan pembelajaran teks cerita fantasi. Kemudian, secara keseluruhan teks cerita fantasi siswa sudah bersifat fiksi. Ketiga, siswa telah menggunakan penerapan EBI teks cerita fantasi pada tulisannya. Lima penerapan EBI tersebut, berdasarkan huruf kapital, tanda titik, tanda kutip, tanda koma, dan tanda tanya. Berdasarkan penulisan huruf kapital siswa masih cenderung keliru dalam menuliskannya pada teks cerita fantasi dibandingkan dengan tanda titik, tanda koma, tanda kutip, dan tanda tanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Menulis Teks, Nasari, Ejaan Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 25 Aug 2022 07:04
Last Modified: 25 Aug 2022 07:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39326

Actions (login required)

View Item View Item